Polres Cilegon Bekuk Empat Pelaku Ranmor

Centralnews – CILEGON, Selasa (12/04/17) empat pelaku kawanan spesialis pencurian kendaraan bermotor yang kerap menyasar pemukiman warga dan kos-kosan di wilayah Merak Kota Cilegon berhasil dibekuk petugas unit Reskrim Polsek Merak. Keempat pelaku dengan inisial WA, TF, TS, dan HD ini ditangkap petugas setelah berhasil melakukan pencurian di sejumlah tempat di wilayah Merak. Para pelaku yang mengaku sudah sering melakukan aksi pencurian di wilayah Kota Cilegon ini, ditangkap petugas di dalam kapal saat akan melarikan motor hasil curian ke wilayah Lampung. Pihak Kepolisian tak hanya berhasil mengamankan pelaku, tetapi juga sejumlah barang bukti berupa tiga unit motor, dan STNK, serta sejumlah HP Smartphone yang dibeli dari hasil curiannya.

Sementara tiga lainnya ditangkap di masing-masing tempat persembunyiannya di wilayah Kota Cilegon dan Lampung, setelah pihak Kepolisian melakukan koordinasi dengan Polresta Lampung Selatan. Dijelaskan Kapolres Cilegon AKBP Raden Romdhon Natakusuma, berdasarkan keterangan yang diperoleh petugas dari pelaku, aksi pencurian kerap dilakukan dengan modus mengintai kendaraan roda dua yang terparkir di halaman rumah warga, dan kos-kosan yang minim penjagaan. “Para pelaku ini menyasar rumah yang dihuni warga, pelaku menunggu korbannya lengah. biasanya pelaku mengincar kos-kosan,” katanya saat ekspose di Mapolres Cilegon.

Diakui WA salah seorang pelaku mengaku, sudah melakukan pencurian di wilayah merak selama tiga kali, namun ia mengaku tak pernah mengetahui proses penjualannya ke penadah. “Kalau saya cuma ambil motor aja, kalau sudah, saya langsung serahkan ke temen yang biasa bawa ke Lampung,” Jelas pelaku yang diketahui sehari-hari bekerja sebagai kuli bangunan ini.

Kini ketiga pelaku  yakni WA, TF, dan TS dikenai pasal 363 Jo Pasal 480 Jo Pasal 55 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. sementara satu pelaku lainnya yakni HD dikenakan dengan pasal 378 Jo tentang Penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Kapolsek merak Kompol Kamarul Wahyudi juga menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan penjagaan keamanan di lingkungannya. dan meminta warga masyarakat yang menjadi korban pencurian segera melapor ke pihak kepolisian. “Ya karena sekarang pencurian itu maraknya di rumah-rumah warga kami menghimbau agar warga mengkunci ganda dan meningkatkan keamanan kendaraannya. juga kalau kehilangan segera melapor kepolisian agar kami cepat berkoordinasi, jangan ke leasing,” tutupnya. (sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here