Cilegon Masih Kekosongan Blanko E-KTP

Cilegon- Akibat terjadinya kekosongan blanko KTP elektronik, Para pemohon kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon hanya diberi surat keterangan (Suket). Seperti dijelaskan Astuti salah seorang pemohon yang berada di loket permohonan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, di komplek skretariat perkantoran gedung praja mandiri, dirinya yang tengah mengurus E-KTP anaknya belum juga memperoleh kartu. “abis anter anak perekaman cuma kartunya belum bisa diambil jadi cuma dikasi suket. katanya nanti nunggu 4 bulan,” katanya.

Sholeh, Kepala DKCS kota setempat mengaku, pihaknya terpaksa memberlakukan hal tersebut,sesuai instruksi kementrian dalam negeri. Minggu lalu, DKCS Kota Cilegon dijatah mendapatkan pengiriman 10.000 blanko E-KTP, namun demikian blanko yang baru diperoleh digunakan untuk mencetak pembuatan E-KTP yang dilakukan pemohon baru sebanyak 14.000 yang perekamannya sudah dilakukan sejak September 2016 lalu. “Minggu lalu sebenarnya kita sudah terima sebanyak 10.000 blanko E-KTP, tapi itu akan kita gunakan untuk mencetak kartu -EKTP pemohon baru yang telah melakukan perekaman. itu juga masih kurang 4.000,” tegasnya, Senin (17/04/17).
Ia menambahkan, sesuai instruksi kementrian dalam negeri, para pembuat kartu E-KTP bagi pemohon lama atau yang pernah melakukan proses pencetakan, baik untuk kepentingan penggantian E-KTP karena alasan pindah alamat, pindah RT/RW, yang rusak atau hilang, perpanjangan maupun perubahan status, pihaknya mengaku mulai bulan ini pihaknya hanya akan menerbitkan surat keterangan. “Sekarang blangko kososng, itu terjadi sejak empat bulanan lah. nah sesuai instruksi kemendagri, nanti yang kita proses E-KTP nya pemohon baru, sedangkan pemohon lama yang sudah pernah mencetak hanya suket saja,” tutupnya. (sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here