Sekolah Gratis di Pandeglang, Seperti Belajar di Kandang Ayam

Centralnews.co.id – PANDEGLANG, Pendidikan di Banten dalam problema, sekolah MTs Al-itihad yang bertempat di Kampung Tembol, Desa Tembong Pandeglang merupakan tempat belajar gratis yang didirikan oleh Pak Dudung pada tahun 2008.

Sebanyak 54 orang anak tidak mampu, diajar oleh 9 guru honorer dan satu kepala sekolah, dengan kondisi bangunan fisik yang miris, tanpa fasilitas buku literasi per anak, hanya buku tulis untuk menulis, tanpa listrik dan lampu, serta atap yang bocor.

Siswa-siswi yang belajar di sekolah Mts Al-Itihad, sekolah gratis di Pandeglang, Kampung Tembol,
Desa Tembong. (foto: Sekolah Relawan).

Dikutip dari salah satu akun instagram relawan, Jaja Zakiah Darajat, salah satu siswa disana bercerita bahwa keadaan sekolah mereka seperti kandang ayam, kadang kegelapan dan kebocoran saat hujan datang, namun mereka tetap memiliki semangat belajar yang tinggi.

Jaja dalam akun Instagramnya menjelaskan bahwa siswa-siswi di sana berasal dari kampung sekitar yang didominasi oleh anak petani. Semuanya tanpa biaya, kecuali jika kelas 3 ingin mengikuti Ujian Nasional, maka para guru akan berembuk dengan para orang tua untuk membantu keuangan saat ujian, atau bahkan tidak dapat membantu sama sekali.

Keadaan Sekolah Gratis, Al-Itihad dengan atap bocor, tanpa listrik, dan mengkhawatirkan. (foto: Sekolah Relawan)

Seragam yang mereka dapat dibantu dari dana BSM (Bantuan Siswa Miskin). namun sayangnya untuk tahun ini dan selanjutnya program tersebut dihapuskan. Sehingga kelas baru akan menggunakan baju sisa tahun kemarin.

Loading...

Di Sekolah yang berjarak sekitar 156 KM dari tangerang atau 78 KM dari Gerbang Tol Cilegon Timur tersebut, diajar oleh para guru yang mengandalkan dan BOS yang didapat setiap tiga bulan sekali dengan bayaran 5000 rupiah per jam masing-masing guru.

Untuk membantu kondisi pendidikan di Pandeglang ini, Sekolah Relawan mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dalam renovasi sekolah ini, dengan melalui https://kitabisa.com/, atau melalui rekening mandiri 17300 20304060 atas nama sekolah relawan. (rel)

Sumber: @darrajat17

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here