Napak Tilas Gunung Krakatau dan Upacara Adat Suku Baduy

Centralnews-CILEGON, Sebanyak 1.500 orang akan melakukan Napak Tilas Gunung Krakatau yang melegenda dengan letusan ditahun 1888 silam.

Keberangkatan sendiri akan dilakukan pada 30 April 2017 mendatang dari Dermaga IV Pelabuhan Merak sejak pukul 12.30 WIB dan berakhir pada pukul 21.00 WIB.

“Rutenya dari Pelabuhan Merak, ke Pulau Krakatau masuk ke dalem terus muter diluar nya Krakatau. Nanti kita ke mercusuar titik nol, lampu mercusuarnya kan itu bagus terus melipir ke pinggirannya, berlayar sepanjang bibir pantai, itu liat lampu-lampu industri nya bagus itu,” kata Fredy Indradi, ketua Pengurus Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cilegon, Sabtu (22/04/2017).

Pihaknya menjelaskan bahwa berupaya membantu program pemerintahan Presiden Jokowi yang menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) sebanyak 20 Juta orang ke Indonesia.

“Kita harapkan nanti para pengunjung foto, selfie, terus masang di medsosnya, bisa jadi viral,” tegasnya.

Loading...

Selain itu ada juga wisata budaya di Banten yang dimulai sejak 28-30 April 2017, yakni upacara adat Seba Baduy yang telah berlangsung sejak ratusan tahun silam atau sejak zaman Kesultanan Banten berdiri.

Seba atau kunjungan akan berlangsung pada tanggal 28-29 April 2017 yang dimulai dengan mendatangi Ibu Gede atau Bupati Lebak yang kini dijabat oleh Iti Oktavia Jayabaya. Lalu tanggal 29-30 April 2017 Suku Baduy Dalam dan Luar melanjutkan perjalanan ke Pendopo Gubernur Banten guna bertemu Abah Gede atau Gubernur Banten yang dijabat oleh Mata Irawan.

Suku Baduy Dalam akan berjalan kaki dengan pakaian serba putih. Sedangkan Baduy Luar berangkat menggunakan kendaraan roda empat dengan pakaian serba hitam sembari membawa hasil alam untuk diberikan kepada Ibu Gede dan Bapak Gede.

“Masuk nya Seba Gede (besar). Perjalanan dari Kanekes ke Pendopo Lebak, terus berangkat dari Lebak menuju pendopo Gubernur Banten untuk bertemu Abah gede. Sebelum ke Pendopo Gubernur, suku Baduy akan transit atau beristirahat dulu di GOR Stadion Maulana Yusuf. Jadi siapa saja boleh mengambil gambar, tapi jangn ada di depan barisan Baduy, karena memang aturan dari Baduy nya seperti itu,” kata Eneng Nurcahyati, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten, Sabtu (22/04/2017).

Agenda wisata dan budaya lainnya di Kota Cilegon yakni Festival Golok Tradisional Banten pada 29-30 April 2017, 29 April 2017 ada Festival Etnic Carnaval, dan Silaturahmi Pendekar Nusantara. (yandhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here