Berjalan Kaki Bawa Hasil Bumi, Suku Baduy Dalam Tempuh 39 Kilometer

Centralnews – LEBAK ,Sejak pukul 05.00 WIB pagi tadi, Jum’at 28 April 2017, Orang Kanekes atau yang akrab dipanggil Suku Baduy Dalam berjalan kaki menuju Pendopo Bupati Lebak di Rangkasbitung, untuk menjalankan ritual Seba atau berkunjung ke pimpinan di wilayahnya.
“Orang Baduy Dalam udah sampai (kecamatan) Cimarga, (mereka) yang paling depan,” kata Tiwin, Suku Baduy Luar, yang biasa berhubungan dengan masyarakat diluar suku nya, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Jum’at (28/04/2017).
Sedangkan Subur Baduy Luar akan berangkat pada pukul 13.00 WIB menggunakan kendaraan roda empat. Baik Baduy Dalam maupun Baduy Luar berangkat dari Kampung Ciboleger dengan membawa hasil buminya.
“Masih belum berangkat, abis jumatan (berangkat),” terangnya.
Perlu diketahui bahwa sekitar dua ribu Suku Baduy Dalam dan Luar sejak harii ini hingga hari Minggu mendatang, 28-30 April 2017 menjalankan ritual Seba atau berkunjung ke pimpinan, bupati dan gubernur, diwilayahnya guna memberikan hadiah berupa hasil alam yang telah ditanamnya.
Baduy Dalam berangkat dari Kampung Ciboleger dengan berjalan kaki menempuh jarak sejauh 39 kilometer dengan rute bervariasi, bisa melewati jalan aspal, perkampungan, hingga keluar masuk sawah dan Hutan. (yandhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here