Komputer Terbatas, UNBK Dibagi Tiga Sesi

Centralnews – Kota Serang, Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Serang relatif lancar, hanya ada kendala kurangnya sarana dan prasarana komputer yang terbatas, sehingga pelaksanaanya tidak tidak bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan, dan harus dibagi menjadi dua hingga tiga sesi.

Di SMPN 1 misalnya, Kepala SMPN 1, M. Syukur mengatakan, ada 386 siswa yang mengikuti pelaksanaan UNBK, jumlah kelas yang digunakan sebanyak empat ruangan dan menyediakan 140 komputer .

“Jumlah siswa yang mengikuti UNBK ada 386 siswa,  ada dua siswa yang tidak mengikuti karena sedang mengikuti kejuaraan karate dunia di Semarang, untuk ruangannya kita sebenarnya memakai empat ruangan. Karena ruangannya panjang jadi kita bagi dua,” katanya.

Syukur juga menjelaskan karena kurangnya sarana prasarana komputer,  pihak sekolah membagi ujian ini menjadi 3 sesi, “karena komputernya terbatas jadi kita bagi 3 sesi, pelaksanaan sesi pertama dari pukul 07.30-09.30, sesi kedua dari pukul 10.30-12.30 , dan sesi terakhir dari pukul 14.00-16.00. Komputer yang kita gunakan ada 140 unit, beberapa unit adalah pinjaman baik dari para guru maupun dari orang tua siswa,  kita siapkan dua belas unit komputer cadangan jika sewaktu-waktu ada komputer yang bermasalah,” jelasnya kepada Centralnews, Selasa (02/05).

Menurut Syukur, dalam pelaksanaan UNBK hari pertama ini,  peserta maupun guru pengawas tidak menemukan kendala berarti. Mulai dari listrik,  jaringan internet,  maupun sinkronisasi soal dengan jawaban.

Loading...

“Alhamdulillah sih,  walaupun tadi rada was-was takut ada trouble yang kita ga bisa lakukan apa-apa seperti masalah listrik, karena di SMPN 1 ini kita belum punya genset, tapi sampai saat ini semua berjalan aman,” terangnya

“Saya berharap SMPN 1 pertahankan prestasi integritasnya, karena sekolah dari dulu UNKP kita indeks integritasnya dari kementrian di sekolah kita itu selalu di atas 94%, jadi saya harap dengan adanya UNBK, prestasinya bisa menjadi 100% sehingga mencapai indeka integrasi terpuji,” tambahnya. (Sis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here