BKD pandeglang verifikasi berkas OPD

Centralnews – PANDEGLANG, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang mengungkapkan bahwa pada pekan ini, akan mulai memverifikasi berkas belasan pejabat yang mendaftar sebagai 3 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sejak proses pendaftaran ditutup pada Kamis (4/5) pekan lalu, sedikitnya ada 19 pejabat yang akan berebut menduduki kursi Kepala Dinas Kesehatan, Pertanian, dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KB3A).

Kepala BKD Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengatakan, pihaknya sedang menunggu kepulangan Pelaksana Jabatan Sekretaris (Pj Sekda) Pandeglang, Fery Hasanudin selaku Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Karena saat ini yang bersangkutan tengah menjalani dinas keluar daerah.

“Verifikasi diharapkan besok sudah bisa dimulai, artinya mana yang secara administrasi memenuhi syarat mana yang tidak. Kami menunggu Pak Pj Sekda, saat ini beliau masih di Jakarta. Kalau sudah ada besok, saya akan kejar untuk rapat agar menghasilkan keputusan. Jadi kami tidak mau menyikapi sepihak karena perlu hati-hati supaya tahapannya nyaman,” ujar Fahmi, Rabu (10/5).

Fahmi menyatakan, tahapan verifikasi diperkirakan hanya memakan waktu 1 hari. Setelah itu, hasilnya akan langsung dikirim ke Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Loading...

“Kemarin kita tutup dan mungkin besok baru akan rapat dengan Pj Sekda untuk melakukan verifikasi guna dikirimkan ke LAN. Saya optimalkan agar besok bisa dirapatkan, jadi nanti akan diverifikasi dan evaluasi secara tim,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan solusi lain bagi pendaftar yang tidak lulus tahap verifikasi berupa asessment lain yang berkaitan dengan pemetaan. Sehingga Pemkab memiliki cadangan jika membutuhkan tenaga teknis dimasing-masing OPD.

“Yang tidak lulus verifikasi bukan berarti tidak lolos, kami menyiapkan solusi lain berupa asessment lain yang berkaitan dengan pemetaan, sehingga tidak fokus pada hal seperti ini. Jadi suatu saat jika kami butuhkan, sudah punya tenaga cadangan,” kata Fahmi meyakinkan.

Fahmi menyebutkan, dari 19 unsur pejabat yang mendaftar, paling banyak berasal dari kalangan pejabat struktural di SKPD, sedangkan sisanya berasal dari unsur Camat. Adapun instansi yang paling diminati, yakni DP2KB3A dengan 11 pendaftar, diikuti Dinas Pertanian 5 pendaftar, dan Dinas Kesehatan 3 pendaftar.

“Dinkes terbatas hanya 3 orang, karena memang disesuaikan dengan syarat yang mengacu pada bidang kesehatan  Di Pertanian ada 5, dan ternyata kita punya orang-orang berlatar belakang Pertanian,” terang orang nomor 1 di BKD Pandeglang itu.

Lebih jauh mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh itu menegaskan bahwa proses seleksi terhadap para calon Kepala Dinas itu akan berlangsung objektif dan diupayakan menghasilkan pejabat yang kompeten dibidangnya.

“Yang kami lelangkan sesuai bidang tertentu yang memiliki kapasitas dan berkompeten. Kami ingin betul-betul mencari tenaga yang sesuai dengan bidangnya,” tandasnya.(Rowi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here