Ketua MPR Ingin Sidang Pembubaran HTI Terbuka

Centralnews-NASIONAL, Pemerintah usulkan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ke pengadilan. Menurut Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI mengatakan HTI diperbolehkan memaparkan pembelaannya di pengadilan sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat, (11/05/17).

“Publik sebaiknya dipersilakan untuk memantau sidang secara terbuka, sehingga saudara-saudara lihat yang membela diri dan bukti pelanggaran yang dari pemerintah,” jelasnya.

Sebelumnya Menko Polhukam Wiranto, telah mengumumkan keputusan pemerintah yang akan mengajukan pembubaran ormas keagamaan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ke pengadilan sesuai aturan dalam UU Ormas.

HTI disebut-sebut mengancam NKRI dan bersebrangan dengan nilai Pancasila. Menurut JK, HTI dan Indonesia memiliki paham yang berbeda. Indonesia menganut sistem demokras, sedangkan HTI menganut kekhalifahan.

Selain itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) layak diusulkan karena merupakan ormas dengan gerakan politik bukan ormas gerakan dakwah keagamaan.

Loading...

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here