WannaCrypt : Teroris Siber Yang Meminta Tebusan

Centralnews – Nasional, Saat ini serangan siber global yang menghantam banyak negara di dunia berpotensi menimbulkan kerugian besar dan sudah memasuki tahap teroris. Serangan teroris siber ini yang menyebarkan ransomware dipastikan meminta tebusan di setiap aksinya.

Seperti yang diketahui, penyebaran besar-besaran ransomware ini lebih dikenal dengan nama WannaCrypt. Seperti dilansir Digital Trends, Sabtu (13/5/2017) sejauh ini tercatat sudah lebih dari 75 ribu korban yang terkena, yang berlokadi di 99 negara di seluruh belahan dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang tengah diserang teroris siber. Tak tanggung-tanggung, mereka menyerang sumber daya sangat penting pada 2 (dua) Rumah Sakit besar di Indonesia. Korban serangan siber itu adalah RS Harapan Kita dan RS Dharmais. michael kors eyeglasses espadrille

Dampaknya dari serangan ransomware yang menyerang rumah sakit di Indonesia ini sudah mulai terlihat. Salah satunya dialami sistem antrean pasien di Rumah Sakit Dharmais yang tak bisa berfungsi.

Hal ini disebabkan sesaat setelah menginfeksi komputer, ransomware WannaCrypt akan langsung melakukan enkripsi pada data-data komputer yang diserangnya. Singkatnya, pengguna tak akan bisa mengakses data-data tersebut kecuali dibuka enkripsinya. Setelahnya pengguna akan menemukan semacam aplikasi berisi pesan di layarnya. Kalimatnya adalah berupa permintaan tebusan bila ingin data yang ‘disandera’ dibebaskan.

Loading...

Hanya si penyebar WannaCrypt yang bisa membebaskan data yang telah disandera. Tapi untuk itu, ada harga yang harus di bayar. moncler egide emilien Pelaku akan meminta tebusan berupa jumlah uang sesuai yang diinginkannya untuk tiap komputer yang terinfeksi. Nilai tebusan pun bisa bertambah kalau dalam batas waktu tertentu tuntutan tidak dipenuhi.

Namun pelaku biasanya tidak meminta tebusan berupa uang, melainkan dalam bentuk Bitcoin. Nilai Bitcoin sendiri bernilai puluhan juta rupiah untuk tiap kepingnya per hari.

Pemerintah Indonesia melalui Menkominfo mengatakan kasus ini adalah kasus global yang juga dialami negara – negara lainnya dan masyarakat dihimbau untuk tidak panik karena pemerintah akan ikut turun tangan menganggulangi agar menimalisir korban serangan ini.

Menkominfo memberikan langkah-langkah antisipasi yang bisa dilakukan masyarakat :

1. Besok, sebelum mengaktifkan komputer, pastikan tidak terkoneksi dengan jaringan internet untuk sementara. monster-beats-solo-beats-by-dre-studio Itu mudah, cukup melepas kabel LAN atau tidak masuk WiFi.

2. Setelah hidupkan, lakukan backup data. Salin semua data-data yang penting.

3. Pasang anti virus.

Untuk membantu masyarakat jika terkena serangan, Kominfo menyiapakan layanan telepon untuk berkonsultasi. Hubungi 02131925551 dan 02131935556 saat jam kantor. ugg outlet orlando store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here