Daftar JKN – KIS Bisa Lewat Telepon

Centralnews – Serang, Untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di 2017, BPJS terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi meningkatkan mutu pelayanan  serta mempercepat cakupan kepesertaan, selain itu, untuk memudahkan masyarakat mendaftar diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN – KIS,  khususnya untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP),  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Serang Chandra Nurcahyo dalam konferensi persnya,  Senin,  (15/05/17) mengatakan calon peserta kini tidak perlu mengantri panjang di kantor BPJS Kesehagan lagi,  cukup dengan menekan 1500-400 pada ponselnya.

“Calon peserta kategori PBPU atau mandiri bisa melakuka pendaftaran melalui telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau di implementasikan virtual service,” ujarnya.

Selain bisa mendaftar, lanjut Chandra peserta juga bisa melakukan mutasi data kepesertaan untuk data nama, tempat dan tanggal lahir,  jenis kelamin, nomor KK,  Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, email,  nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Chandra menjelaskan lebih lanjut,  hal yang harua di peraiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon antara lain nomor KK,  NIK,  rekening tabungan,  nomor handphone,  alamat domisili (untuk pengiriman kartu)  dan alamat email,  setelah agent care center menyatakan pendaftaran via telepon selesai maka nomor Virtual Acount (VA) akan di kirim ke nomor ponsel atau email peserta. “Setelah mendapatkan nomor VA peserta harus membayar iuran pertama paling cepat 14 hari paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan, untuk pembayaran selanjutnya dilakukan melalui auto debit,  setelah pembayaran pertama itu BPJS Kesehatan akan mencetak dan mendistribusikan kartu peserta JKN KIS ke alamat yang sudah diinput, ” Terang Chandra

Loading...

Dalam kesempatan yang sama Chandra juga mengungkapkan di 2016 kepuasan peserta sudah cukup tinggi yaitu di angka 78,6%, dan di tahun 2017 BPJS menargetkan tingkat kepuasan mencapai 80%.

Selain pendaftaran melalui care center 1500-400, BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem Dropbox yang ada di kantor BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, Kecamatan serta pendaftaran melalui PPOB atau mitra kerja BPJS Kesehatan.

” Saat ini kita sudah menyediakan Dropbox di beberapa Kecamatan,  untuk di Kabupaten Lebak kita ada dropbox di Kecamatan Bayah,  di Kabupaten Pandeglang di Kecamatan Panimbang, di Kabupaten Serang ada di Kecamatan Cinangka dan Kibin,  sedangkan di Kota Cilegon sudah ada di setiap Kecamatan, ” ungkapnya.

Perlu diketahui hingga 5 Mei 2017 jumlah peserta JKN – KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa,  dan untuk jumlah peserta di Provinsi Banten mencapai 7.686.827 jiwa, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan kurang lebih 20.766 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)  yang terdiri dari 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik Pratama,  4.504 Dokter Praktik perorangan,  1.143 Dokter Gigi perorangan,  dan 15 Rumah Sakit (RS)  tipe D Pratama. Selain itu BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)  yang mencakup 2.135 RS (termasuk di dalamnya klinik utama),  2.216 Apotek, dan 986 Optik yang tersebar di seluruh indonesia.

Sementara untuk di Provinsi Banten sensiri terdapat 605 FKTP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang terdiri dari 234 Puskesmas, 336 Klinik Pratama,  9 Dokter Praktik,  9 Dokter TNI, 13 klinik Polri dan 4 Dokter Gigi.  Sementara untuk FKRTL di Provinsi Banten mencakup 78 RS (termasuk di dalamnya klinik utama) yang tersebar sebanyak 43 FKRTL di KCU Tangerang,  20 FKRTL di KC Tigaraksa, dan 15 FKRTL di KCU Serang.

Sebagai informasi sampai saat ini sudah terdapat kanal-kanal pendaftaran peserta di antaranya:

  1. Pendaftaran langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota (KLOK)  dan Liaison Office (LO)
  2. Pendaftaran melaluibaplikasi New e-Dabu untuk kategori Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)

3.Pendaftaran online melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id

  1. Pendaftaran melalui Bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (BNI, BRI,  dan Mandiri).

(Sis) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here