Ikek, dari Toko Komputer Pinggiran Hingga Jadi Pengusaha Sukses

Centralnews – Serang, Bermula dengan mencoba usaha jual beli dan servis komputer kecil kecil di Kota Cilegon pada awal tahun 2000 dengan seiringnya waktu berjalan, PT Ligar Corp yang fokus pada konstruksi dan konsultan disegala bidang, baik pembangunan fisik hingga event organizer (EO) kini telah mengembangkan sayap dengan membuka kantor baru di Cipocok Kota serang Banten.

“Waktu pertama ngebangun perusahan saya juga mulai dari bawah, nenteng-nenteng komputer dengan naik angkot kalau mau anter barang. Tidak terbayang bisa hingga seperti ini, dulu toko saya kecil di Cilegon,” cerita Eko Susilo, CEO Ligar Corp, saat ditemui peresmian kantor barunya.

Pertama lanjut Eko, Selain menjual komputer, tokonya juga menangani perawatan dan perbaikan komputer di sekitar Kota Cilegon bahkan hingga ke Kabupaten Serang, waktu itu Kota Serang belum berdiri. Sementara itu untuk mengurangi biaya transportasi pulang pergi kerumahnya di Kibin, Kabupaten Serang, pria tambun itu sudah biasa menginap di toko kecil miliknya dengan hanya beralaskan karpet.

Kisah perjalan Ikek panggilan akrab CEO Ligar Corp tersebut diperkuat oleh sahabat sekaligus rekan kerja Eko Susilo, Dimas Kusuma. Eko Susilo awal mulanya membuka usaha toko komputer dengan dipinjamin modal oleh sang ayah.

Loading...

“Dipinjemin sama bokap-nyokapnya, terus buka usaha komputer,  lambat laun Ike mencoba buka usaha lain yakni jasa kontruksi, konsultan, juga EO,” terangnya.

Menurut Dimas, dirinya mulai  mengembangkan usaha EO sekitar 2003, dari kacamata seorang rekan kerja, Eko memiliki keuletan dalam bekerja, suple serta humoris. Dan dari keuletan dan homoris tersebut dirinya bisa sukses seperti sekarang ini.

“Dulu waktu masih usaha toko komputer kalau gak pulang kerumah pasti pulang kerumah saya” lanjut Dimas.

Lambat laun usaha Eko yang mulai berkembang dirinya mencoba buka cabang di Serang untuk mengembangkan usahanya.

“Ada cerita lucu,” lanjut Dimas, “pernah suatu hari dari Kibin yang awalnya mau ke kantor cabang di Serang, karena seringnya ke Cilegon dirinya sampai kelewat ke Cilegon bukanya ke Serang,” jelasnya.

Cerita lucu lain juga disampaikan Dimas Kusuma saat masih sama sama membuka usaha, karena seringnya tidur di kantor Eko, dan kebiasaan ngobrol sampai larut malam, dengan diselengi ngerokok tanpa disadari saat pagi hari abu rokok sudah dimuka semua.

Satu sisi lain yang dimiliki Eko,  yang belum tentu dimiliki orang lain yakni CEO ligar Corp tersebut bila ada masalah pribadi atau pun masalah dalam usaha pasti selalu  ke orang tuanya, untuk minta saran pendapatannya.

Pasang surut dalam dunia usaha juga pernah dialami oleh Ike panggilan akrabnya dirinya kolep 2007 atau 2008 lanjut Dimas. Kemudian keuangan dikelola oleh sang istrinya untuk membantu menagement, peran istri yang turut andil mambawa Eko meraih kesuksesan seperti saat ini. Pungkas Dimas saat ditemui di kantornya.

Perjuangan selama 17 tahun, dengan pasang surut usaha hingga kehabisan modal untuk usaha hal tersebut sudah menjadi bumbu dalam perjalan CEO Ligar Corp tersebut, dengan berbagai perjuangan kini telah berbuah hasil dengan bekal nasihat dari sang ayah bahwa mendirikan sebuah perusahaan bukan untuk memperkaya diri sendiri, tapi untuk membantu orang lain di sekitarnya.

“Nasihat sama do’a orang tua selalu saya pegang teguh. Itu kunci kesuksesan dari setiap langkah,”  tandas Eko. (Mamo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here