Semangat Kebangkitan Nasional, Lahir dari Budi Utomo

Centralnews-NASIONAL, Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei setiap tahunnya, membangkitkan ingatan pada Organisasi Boedi Oetomo, yang melahirkan Harkitnas mula-mula dan mengobarkan semangat kebangkitan pribumi.

Organisasi Budi Utomo (BU) didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh para mahasiswa STOVIA di Batavia dan Sutomo dipilih sebagai ketuanya. Lahirnya organisasi tersebut berawal dari ide dr. Wahidin Sudirohusodo yang sebelumnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds.
Gagasan Studiesfounds bertujuan untuk menghimpun dana guna memberikan beasiswa bagi pelajar yang berprestasi, nfl jerseys black and white quiz buy namun tidak mampu melanjutnya studinya. Gagasan itu tidak terwujud, namun dari gagasan yang harus pupus itu akhirnya melahirkan Organisasi Budi Utomo.
Budi Utomo melakukan pengajaran bagi orang Jawa melalui budaya Jawa yang ‘dikawinkan’ dengan pendidikan barat kala itu. Hal ini tentu saja menimbulkan reaksi, baik dari orang Belanda dan priyayi (sebutan untuk keturunan bangsawan Jawa).Selain memiliki tujuan memajukan pengajaran dan menghidupkan kembali kebudayaan Budi Utomo juga memiliki tujuan memajukan pertanian, peternakan, dan perdagangan serta memajukan teknik dan industri pribumi saat itu. monster beats apple accessories

Munculnya Budi Utomo disebut-sebut sebagai kebangkitan budayawan Jawa dan  dan kedatangannya membuat gemetar kaum priyayi karena dianggap akan menghancurkan stabilitas kedudukan mereka sebagai bangsawan.  Walaupun awalnya sempat ada ketakutan dari pihak-pihak tertentu, namun Budi Utomo menunjukan eksistensinya dengan mendirikan 40 cabang beranggotakan kurang lebih 10 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 1909.

Sayangnya di pertengahan jalan banyak barisan depan yang balik badan dan akhirnya Budi Utomo didominasi oleh kaum priyayi dan pegawai negri, sehingga membentuk keberpihakan kepentingan dan melupakan rakyat banyak. Padahal mulanya organisasi ini dibentuk tanpa bersifat politik.

Budi Utomo sempat berjaya lagi di tangan Notodirjo sebagai ketua pada tahun 1912 menggantikan R. ugg outlet return policy ct T. Notokusumo. Tetapi, hasilnya tidak begitu besar karena saat itu bermunculan pula organisasi-organisasi nasional lainnya, seperti Sarekat Islam (SI) dan Indiche Partij (IP).

Meski begitu, Budi Utomo tetap mempunyai andil dan jasa yang besar dalam sejarah pergerakan nasional, yakni sebagai protonasionalisme dan memelopori gerakan kebangsaan Indonesia. Sebab itu tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati setiap tahun hingga hari ini. Semangat hari kebangkitan pribumi! moncler belt bomber <

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here