Kerjasama OJK dan Bank Sentral Filipina, Perbankan Nasional Masuk Filipina

Foto : Net

Centralnews – Ekonomi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangani Letter Of Intent (Lol) sebagai langkah awal kerjasama dengan Sentral ng Pilipinas (Bank Sentral Filipina) pada hari ini, Minggu (04/06/2017). Kesepakatan bersama dalam perjanjian bilateral dalam implementasi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) yang dapat membuka jalan perbankan nasional untuk masuk ke Filipina.

Letter of Intent tersebut berisi kesepakatan OJK dan Banco Sentral ng Pilipinas untuk memulai proses penyusunan perjanjian bilateral dalam kerangka ABIF. Sehingga diharapkan mampu membuka peluang bagi sektor perbankan Indonesia untuk melakukan ekspansi ke negara Filipina.

Penandatanganan LoI ini dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dengan Gubernur Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) Amando M Tetangco di Jakarta.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad mengatakan bahwa kesepakatan awal ini merupakan langkah signifikan untuk menandai upaya integrasi di sektor jasa keuangan yang ada di ASEAN, terutama sektor perbankan yang berada dalam kerangka ABIF.

Loading...

“Prinsip dasar ABIF yaitu pengurangan ketimpangan dalam akses pasar dan menjadikan prinsip resiprokal sebagai pedoman dalam penyusunan perjanjian bilateral ke depannya,” Ujar Muliaman yang dilansir CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Muliaman menyebut, kerja sama ini juga merupakan bagian dari upaya OJK untuk terus mendorong perkembangan sektor jasa keuangan. Sehingga sektor ini bisa tumbuh sehat, berkesinambungan, serta dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat.

“Yang terpenting adalah kontribusi yang besar untuk kesejahteraan rakyat,” Ujarnya.

Pada tahun 2011, ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kehadiran dan peran bank ASEAN melalui pengurangan hambatan dalam akses pasar dan pengurangan hambatan cakupan operasional bank.

Sebelumnya penandatangan LoI dengan BSP sendiri merupakan kali kedua yang ditandatangani oleh OJK dalam rangka ABIF. Sebelumnya, pada Maret 2016 lalu, OJK telah menandatangani Lol dengan Bank of Thailand. (atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here