Dinsos Ajak Masyarakat Ciptakan Kawasan Ramah Lansia

Centralnews  – BANTEN,  Lanjut usia memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pencapaian kesejahteraan dan pembangunan bangsa. Lanjut Usia dengan kapasitasnya sebagai penduduk senior memiliki kebijakan, kearifan serta pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional dimasa mendatang.

Dari kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Provinsi Banten dalam menyambut Bulan Lanjut Usia. Pada hari ini selain dilaksanakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Provinsi Banten, juga pembukaan Temu Regional Komda Lanjut Usia se Jawa-Bali yang akan berlangsung dari tanggal 5-7 Juni 2017 di Hotel Ratu Serang, Kota Serang.

“Pelaksanaan Hari Lanjut Usia Nasional sendiri setiap tahun selalu diperingati yaitu setiap tanggal 29 Mei dan mendapat perhatian secara khusus dari pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi Banten, karena bangsa kita adalah bangsa yang sangat menghargai  dan menjunjung tinggi harkat dan martabat orang tua,”ujarnya

Ia melanjutkan, bahwa ini tercermin dalam pembangunan sistem kehidupan berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia selalu menekankan dan merujuk pada keteladanan para pendahulu, sesepuh dan orang-orang tua yang memiliki nilai spiritualitas dan moralitas tinggi serta bersandar pada nilai-nilai luhur keagamaan, norma dan budaya adiluhung.

“Pesan utama dalam Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2017 ini adalah pengembangan kawasan ramah lansia sejalan dengan Peraturan Menteri Sosial RI terbaru nomor 7 tahun 2017 tentang kawasan ramah lansia. Perlunya kesadaran kolektif semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk memfasilitasi dan membantu keterbatasan para lansia dengan menyiapkan fasilitas ramah lansia pada setiap layanan publik yg tersedia baik milik pemerintah maupun swasta,”katanya.

Loading...

Fasilitas yang harus diberikan untuk para Lansia itu juga misalnya lanjutnya Nurhana, di Loket tempat mengantre BPJS atau fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan lain-lain, terdapat loket khusus lansia hingga mereka tidak perlu mengantre lama, juga misalnya di apotek-apotek swasta, ada loket yg khusus melayani lansia, bahkan sampai bioskop kalau perlu menyediakan loket dan tempat duduk khusus bagi lansia.

“Jadi sebenarnya seluruh aspek fasilitas umum bisa kita sisipkan pelayanan dan fasilitas yang ramah lansia, tinggal ada “kesadaran kolektif” tadi dari seluruh stakeholder, inilah tugas kita bersama untuk membangun kesadaran,”ungkapnya. (yan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here