KONFLIK DI NEGARA TELUK MULAI BERDAMPAK DI INDONESIA

Centralnews – NASIONAL, Sejumlah penerbangan  terpengaruh menyusul pengumuman Qatar Airways yang menghentikan serta merta semua penerbangan ke Arab Saudi sejak kemarin Senin, 5 Juni 2017. Sebaliknya, Arab Saudi juga melarang penerbangan Qatar Airways di wilayahnya. Langkah ini diambil setelah empat Negara Teluk –Bahrain, Saudi, Mesir dan UEA– memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar akibat perselisihan politik, dengan tuduhan Qatar mendukung terorisme.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, serta Bahrain dilaporkan bukan hanya memutuskan hubungan diplomatik saja tetapi semua hal yang berkaitan dengan urusan darat dan laut dengan Qatar pun diputus. Peristiwa ini memicu krisis Teluk yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dikutip dari situs The Guardian, Senin (5/6/2017), Arab Saudi secara resmi memutuskan hubungan diplomatik dan konsuler dengan Qatar. Ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan hak kedaulatan negaranya yang telah dijamin oleh hukum internasional dan perlindungan keamanan nasional dari bahaya terorisme dan ekstremisme.

Hal ini pun berdampak pada Indonesia akibat pemutusan hubungan diplomatik, maskapai Qatar, Qatar Airways, tidak diperbolehkan terbang di atas dan mendarat di Arab Saudi. Padahal, Qatar Airways adalah salah satu maskapai yang melayani penerbangan jemaah umrah asal Indonesia.

Loading...

Untuk menghindari terbengkalainya jemaah umrah di Tanah Air dan Tanah Suci, Kementerian Perhubungan Indonesia mulai hari ini akan mengalihkan penerbangan para jemaah umrah Indonesia dari maskapai Qatar Airways ke maskapai lainnya. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here