Pemkab Pandeglang Akan Gelar Bazar Ramadan, Seluruh Perusahaan Diminta Terlibat

Centralnews – PANDEGLANG, Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM (Disperindag ESDM) akan menggelar Bazar Ramadan. Rencananya, kegiatan itu akan dilakukan pada tanggal 13 Juni mendatang yang bertempat di sepanjang Jalan Kesehatan, yang diapit oleh Gedung Setda dan DPRD Pandeglang.

“Pelaksanaan tanggal 13 Juni di Jalan Kesehatan dan hanya selama 1 hari. Memang sempat ada permintaan agar pelaksanaannya di Alun-alun, tetapi kan ada larangan berjualan di sana,” ujar Kepala Disperindag ESDM, Tatang Efendi saat ditemui di Gedung Setda Pandeglang, Kamis (8/6).

Ia mengungkapkan, Bazar Ramadan ini akan melibatkan seluruh perusahaan yang ada di Pandeglang, baik swasta, BUMD, maupun BUMN. Seluruh badan usaha itu diminta untuk menyiapkan paket sembako dengan harga terjangkau. Dimana setiap paket sembako, diharapkan meliputi beras, gula, dan minyak goreng.

“Kami minta disiapkan dari masing-masing perusahaan baik BUMD, BUMN, maupun swasta yang menyiapkan paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula, dan sebagainya. Harga yang dijual juga diharapkan terjangkau, tidak lebih dari Rp 50 ribu,” sebutnya.

Loading...

Akan tetapi Tatang menuturkan, hingga kini pihaknya belum melakukan pendataan berapa perusahaan yang akan terlibat karena pihaknya baru sebatas melakukan rapat pembahasan dengan perusahaan. Namun diharapkan semua perusahaan bisa ikut terlibat dalam acara tahunan tersebut. Apalagi pada tahun lalu ada beberapa perusahaan yang tidak ambil bagian, padahal setahun sebelumnya sempat terlibat.

“Semua perusahaan di Pandeglang kami minta terlibat dalam Bazaar Ramadan. Kami baru mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Memang hasil evaluasi, ada beberapa perusahaan yang tahun kemarin tidak ikut, semoga tahun ini ikut,” terang mantan Kepala BPMPD itu.

Begitu pula dengan ketentuan jumlah sembako yang harus disiapkan oleh perusahaan, lanjut Tatang. Disperindag belum menentukan jumlah sembako yang diperjualbelikan. Hanya saja Tatang menyebutkan bahwa pihaknya berharap agar paket sembako yang disediakan bisa sebanyak mungkin.

Ketika ditanyai mengenai komoditi apa saja yang disajikan, Tatang baru sebatas memastikan bahan-bahan sembako. Pihaknya belum bisa memberi menentukan selain bahan-bahan tersebut. Karena menurut Tatang, saat ini komoditi sembako yang dinilai sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mengingat kini telah memasuki pertengahan bulan Ramadan. Dimana biasanya harga kebutuhan pokok akan semakin melonjak menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Kami tidak menargetkan jumlah paket yang dijual, berharap sebanyak-banyaknya. Dan sejauh ini yang kami minta hanya paket sembako yang dijual, karena bazar ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” tandasnya. (rowi/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here