Survei SMRC : Elektabilitas Jokowi Masih Terbaik

Foto : Net

Centralnews – Nasional,  Elektabilitas Presiden Joko Widodo atau Jokowi ternyata masih cukup tinggi sampai saat ini. Sebagian besar publik mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dan tidak ada dampak yang signifikan terhadap kondisi politik nasional pasca pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Hal itu diketahui setelah melakukan survei kepada responden.

Survei menanyakan kepada responden jika Pemilu Presiden dan Legislatif diadakan saat ini. Hasilnya, Jokowi yang menjadi tokoh paling populer yang mendapat dukungan untuk maju kembali sebagai presiden periode 2019-2024.

Dilansir Centralnews dari CNN Indonesia, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SRMC) Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei terhadap kondisi politik nasional saat ini menunjukkan elektabilitas Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap teratas. Melalui pertanyaan terbuka tanpa diberikan nama-nama calon, responden menempatkan posisi Jokowi berada di urutan pertama, dan Prabowo di tempat kedua.

“Sebanyak 34,1 persen responden spontan memilih Jokowi dan 17,2 persen memilih Prabowo. Perbedaan elektabilitas keduanya cukup signifikan, sekitar 17 persen,” ujar Direktur SMRC Djayadi Hanan saat pemaparan hasil survei di kantornya, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Menurut Djayadi, perbedaan elektabilitas antara Jokowi dan Prabowo mirip dengan yang dialami Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri pada 2007.

Loading...

“Pada jarak waktu yang sama, dua tahun menjelang Pilpres 2009, perbedaan elektabilitas SBY dan Mega sebesar 16 persen,” kata Djayadi.

Dalam simulasi head to head, lanjutnya, Jokowi juga masih unggul dengan 57,3 persen atas Prabowo yang hanya mendapat 37,2 persen. Sedangkan responden yang tidak menjawab hanya 9,1 persen. Dalam arti lain, jarak antar keduanya sekitar 16,5 persen.

Penilaian terhadap Jokowi juga ditopang dengan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerjanya. Sebanyak 67 persen responden merasa puas dan hanya 31 persen yang tidak puas.

Kondisi ini juga, kata dia, tidak dipengaruhi dari hasil Pilkada DKI Jakarta 2017. Seperti yang diketahui, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Sebelumnya Survei SMRC melibatkan 1.350 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Survei dilakukan pada 14-20 Mei 2017 dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here