Wadir Krimsus Polda Banten Dongkrak Seni Budaya Lewat Pencak Silat

 

Foto : Centralnews/Yan

Centralnews – Banten, Berangkat dari keperihatinan para tokoh masyarakat juga dari para kasepuhan yang ada di Banten, khususnya Serang. Keragaman seni budaya sesungguhnya memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk digali yang selama ini belum di optimalkan dalam rangka menarik wisatawan baik wisatawan domestik maupun manca negara.

Beranjak dari hal tersebut Para Jawara dan Pendekar Pencak Silat dari berbagai macam Peguron di Banten hendak menggagas suatu kegiatan akbar yang bertujuan menjual daya tarik lebih, guna memperkenalkan kesenian budaya pencak silat di Banten ke kancah dunia, kegiatan tersebut dimotori oleh mantan Kapolres Kabupaten Serang yaitu Nunung sayfudin yang sekarang menjadi Wadir Krimsus di Polda Banten.

“Kita punya ide, kebetulan saya dipercaya sebagai ketua panitia, kita akan membuat suatu silaturahmi paguron sekaligus pestival debus, minimal tingkat nasional syukur-syukur bisa samapai tingkat internasional, karena ada beberapa paguron kita yang mempunyai cabang diluar negeri, minimal ini sebagai pembuka bahwa kita punya keragaman budaya khususnya pencak silat” jelasnya jelasnya, yang ditemui di Mapolresta Kota Serang pada 10/06/17 dini hari.

Demi mewujudkan hal tersebut Nunung selaku ketua panitia panitia kegiatan tersebut tengah berusaha menggandeng perguruan-perguruan besar yang akan menjadi rekannya dalam mempersatukan berbagai peguron pencak silat dalam kegiatan akbar tersebut.

Loading...

“Walaupun ada 3 atau 4 paguron besar insyallah kita akan bisa satukan, lalu kita bisa tunjukkan pada dunia inilah tapak Banten, inilah khasnya budaya Banten yang kita akan familiar kan dan kita Jual sebagai prodak dari budaya banten” katanya pada Centralnews.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung di Banten Lama. Banten Lama dipilih sebagai tempat terselenggaranya kegiatan akbar tersebut dikarenakan Banten Lama adalah tempat berkumpulnya kegiatan pada zaman kejayaan Banten. Beliau selaku panitia ingin menjual potensi potensi yang ada di Banten.

“Intinya bahwa kita masyarakat Banten berkeinginan untuk mengembalikan masa kejayaan Banten pada masanya karena kalo bukan kita siapa lagi, insyallah nanti bisa membantu entah itu melalui PAD nya atupun melalui peningkatan pendapatan masyarakatnya, nanti dampaknya kesitu” tegasnya.

Dirinya mengaku sudah membicarakan hal ini dengan Walikota juga dan juga ketua DPRD Provinsi Banten. Kegiatan tersebut akan menjadi salah satu agenda tahunan.

“Untuk persiapan tentu kita kordinasi dengan pihak pihak terkait khususnya dengan pihak pemerintah ya kita berharap nanti kegiatan ini bisa dihadiri oleh pejabat setingkat menteri karena kita berharap dari sinilah Banten ini bisa dibangun dari perspektif budaya” tandasnya.

Beliau mengatakan pula bahwa nilai nilai yang telah ditinggalkan dan diturunkan oleh leluhur kita dulu. Jika diterapkan saat ini, menurutnya masih sangat relevan dan beliau berencana akan menunjukkan bahwa masyarakat Banten bisa bersatu walupun dari banyak berbagai macam perguruan. (Yan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here