Polresta Serang Bekuk Tersangka Pelaku Penipuan Bermodus Janji Masuk PNS

 

Foto : Centralnews/Yan

Centralnews – Kota Serang, Anggota Sat Reskrim Polres Serang Kota telah menangkap tersangka pelaku atas tindak pidana kasus penipuan yang dilakukan oleh tersangka, inisial AM, umur 34 thn, yang beralamat di Tembong, Kota Serang, pekerjaan wirasawasta.

Penangkapan tersebut dilakukan  pada tanggal 12/6/17 sekitar pukul 06.00 petang wib di kontraknnya Perumahan Bumi Rakata, Cilegon.

Korban yang berinisial MW memberikan keterangan pada anggota kepolisian bahwa tersangka memberikan janji untuk menjadi PNS dengan modus korban memberikan uang terhadap tersangka sebesar Rp. 275.000.000,-(Duaratus tujuhpuluh lima juta rupiah) dengan cara pembayaran 6 tahap.

Sebagai bukti tindak pidana yang telah dilakukan oleh pelaku tersebut, korban menyerahkan 6 lembar kwitansi dan surat dari BKN sebagai syarat perekrutan PNS yang di berikan kepada korban, dan surat tersebut diperkirakan palsu, dari keterangan yang dihimpun oleh media dari 2 orang saksi dengan inisial AS dan Hj.S yang merupakan teman dari korban.

Loading...

As juga HJ.S juga menuturkan Terjadinya tindak pidana tersebut bermula dari persahabatan yang terjalin antara korban dan tersangka yang sudah saling mengenal sejak lama. Karena hal tersebutlah korban tidak menaruh sedikitpun rasa curiga terhadap tersangka yang dianggap sang korban sebagai itikad baik untuk menolong korban menjadi PNS.

Kasat Reskrim Polres Serang Kota, AKP Richardo Hutasoit  SH.MH  memberikan keterangan saat ditemui oleh awak media diruanganya mengatakan.

“Kami masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini, karena diperkirakan tersangka telah melakukan tindak pidana penipuan tidak hanya pada satu orang saja.

Beliau juga menghimbau agar masyarakat dapat tanggap dalam menerima kejanggalan adanya indikasi penipuan.

“Saya mengimbau pada masyarakat apabila merasa menjadi korban penipuan CPNS untuk tidak segan segan melaporkan pada kami “katanya.

Lebih lanjut AKP Ricardo Hutasoit menghimbau bahwa kepada warga yang hendak ingin mendaftar kepada lembaga dan instansi manapun agar berhati hati dengan adanya modus seperti ini

“Dari adanya pengungkapan kasus ini  kami harapkan agar masyarakat dapat lebih waspada dan berhati-hati dalam mengantisipasi penipuan berkedok penerimaan CPNS dengan jalur yang salah. (yan/atp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here