Peraturan Pemerintah Tentang THR dan Gaji Ke-13 Sudah disahkan

Centralnews – JAKARTA, Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, pemerintah akan menerbitkan Peraturan Pemerintah terkait dengan pemberian THR dan gaji ke13 bagi PNS.

Dikutip dari situs  Kumparan, Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur pencairan THR dan gaji ke-13 bagi PNS.

“Bapak Presiden sudah tanda tangan (PP). Nanti akan segera diumumkan,” kata Sri Mulyani di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Ia menambahkan, setelah pemerintah menerbitkan PP, Kementerian Keuangan juga akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai payung hukum tambahan pelaksanaan pembayaran THR dan gaji ke-13.

Loading...

“PMK kita siapkan secepat mungkin,” tambahnya.

Untuk diketahui, pihak yang berhak mendapatkan gaji ke-13 dan THR adalah PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, peneriman pensiun dan tunjangan, pimpinan dan pegawai non PNS pada lembaga non struktural.

Untuk PNS aktif, besaran THR sesuai gaji pokok, sedangkan gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok dan tunjangan. Sedangkan untuk pensiunan menerima gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok.

Dana yang diperlukan pemerintah pada 2016 totalnya Rp 17,9 triliun. Dengan rincian gaji ke-13 sekitar Rp 6,5 triliun, pensiun ke-13 Rp 6,2 triliun, dan THR sebesar Rp 5,2 triliun. (rev/rifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here