Susi Pudjiastuti Mengatakan Pemberatasan Praktik Illegal Fishing Belum Sukses

Centralnews- NASIONAL, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan, pemberantasan pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia masih belum dapat dikatakan sukses karena masih terus muncul aktivitas tersebut dengan beragam modus baru.

Susi Pudjiastuti menegaskan, pemberantasan praktik illegal fishing oleh pemerintah belum sukses 100 persen. Indikatornya adalah karena masih banyak kapal ikan asing yang mencuri ikan secara ilegal di Wilayah Perairan Indonesia hingga saat ini.

Dikutip dari situs Kumparan, Menteri Susi mengatakan bahwa ia “Ingin komentari Pak Luhut (Menko Kemaritiman) setelah Susi berantas illegal fishing, what next? Di sini dibilang sukses, IUU fishing tidak bisa dibilang sukses karena masih ada pencurian ikan. Pencurian tidak bisa dibilang sukses karena modusnya masih ada,” tegas Susi, Jakarta, Jumat (16/6).

Dia mencontohkan, sampai saat ini praktik illegal fishing masih banyak ditemukan. Misalnya di Laut Natuna oleh kapal-kapal asal Vietnam, lalu di Laut Bitung oleh nelayan asal Filipina dan di Laut Arafuru. Mereka memiliki beragam modus guna mengelabui petugas keamanan.

Loading...

Menurut Susi, Indonesia adalah saksi kejahatan pelanggaran HAM tersebut, mulai dari perdagangan manusia, perbudakan anak, hingga pelecehan fisik dan seksual yang terjadi di kapal penangkap ikan.

Untuk itu, Susi menginginkan negara-negara di dunia bekerja sama untuk menutup celah yang memungkinkan sindikat kejahatan perikanan beroperasi secara bebas diseluruh dunia. (rifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here