Menhan : Perlu Perencanaan Akurat untuk Tangkal ISIS

Centralnews – NASIONAL, ISIS berencana mendirikan negara Islam di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Perlu perencanaan akurat dan terpadu untuk menangkal niat ISIS.

Menhan menyebutkan hal tersebut di sela-sela peresmian aktivitas Patroli Maritim Terkoordinasi Trilateral atau ” Trilateral Maritime Patrol Indomalphi “, diatas Kapal TNI Angkatan Laut KRI dr Suharso-990, di Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (19/6/2017).

Ryamizard mengatakan, ISIS telah mulai membangun negara Islam layaknya seperti Irak serta Suriah di Indonesia, Malaysia serta Filipina. Oleh karenanya, aksi sesegera mungkin saja butuh dikerjakan agar perseteruan yang berlangsung di Timur Tengah tidak berlangsung di Asia Tenggara.

dikutip dari situs Kompas.com Ia mengaku prihatin dengan kondisi di Marawi, Filipina. Indonesia akan mendukung semua tindakan dan langkah yang diambil oleh militer Filipina dalam membasmi teror di Marawi.

Loading...

“Terorisme dengan alasan apapun adalah musuh kita bersama, musuh kemanusiaan. Kita harus lawan dan hancurkan (terorisme). Aksi teror yang bersifat semakin dinamis dan lingkupnya makin luas membentuk aksi terorisme yang transnasional. Maka, perlu penanganan yang transnasional dan terkoordinasi,” ucapnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengapresiasi Angkatan Bersenjata Filipina atau Armed Forces of the Philippines (AFP) yang mampu meredam teror di Marawi. “Dalam kesempatan ini saya perlu mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi AFP yang mampu meredam teroris di Marawi dan membunuh 257 teroris,” imbuh Panglima TNI.

Menurut Gatot, tindakan yang sudah dilakukan Filipina merupakan peringatan agar Indonesia dan Malaysia siap menangkal ISIS. Apalagi, lanjutnya, sel tidur ISIS sudah ada di kedua negara tersebut. “Ini warning agar kita juga siap jika suatu saat melakukan hal yang sama (dengan Filipina),” ujarnya. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here