Subsidi Listrik dan LPG 3 Kg disalurkan Lewat Kartu Mulai Tahun Depan

Centralnews – NASIONAL, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana untuk menghilangkan subsidi Elpiji 3 kg. Khusus untuk masyarakat yang tidak mampu, maka pemerintah akan memberikan bantuan sosial langsung melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk bisa mendapatkan Elpiji 3 kg.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, program tersebut rencananya mulai berlaku pada Februari 2018.

Hadir dalam rapat tersebut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, dan Sekretaris TNP2K Bambang Widianto.

Puan mengatakan subsidi LPG dan listrik akan diarahkan untuk 40 persen kelompok masyarakat terbawah. Jumlah penerima bantuan sosial dan subsidi energi ini perlu didata dengan teliti agar penyalurannya efisien dan tepat sasaran.

Loading...

dikutip dari situs Kumparan.com Puan menyatakan “Infrastruktur terkait itu dilakukan secara terintegrasi dengan semua kementerian. Juga disepakati bentuknya, mau barang, non tunai, atau uang?,”

Namun pemerintah saat ini masih belum dapat memastikan berapa anggaran yang dialokasikan untuk subsidi energi tersebut. “Ini sedang dihitung jumlahnya. Sedang dihitung ESDM, Pertamina, dan PLN,” kata Puan. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here