Kapal Terlambat Karena Bongkar Muat dan Ombak Besar, Pemudik Tertidur

 

Foto : Centralnews/Mow

Centralnews – Cilegon, Waktu tunggu pemudik sepeda motor di dermaga 6 (enam) di Pelabuhan Merak Banten mengalami keterlambatan. Pemudik harus menunggu lebih dari satu jam untuk dapat masuk kapal karena kedatangan kapal yang terlambat.

Dermaga enam yang baru di operasikan oleh PT ASDP Merak pada tahun ini, tidak seketika dapat mempercepat waktu tunggu para pemudik sepeda motor. Pemudik dengan roda dua tersebut harus mengantri hingga satu jam lebih akibat kedatang kapal yang terlambat.

Akibat waktu tunggu yang cukup lama, tidak sedikit pemudik sepeda motor yang tertidur di atas kendaraanya akibat faktor kelelahan serta durasi yang cukup lama mengantri.

“Sejam lebih mas, ngantuk karena capek perjalanan. mana lagi tadi di depan jalan mulai macet,” terang jamal pemudik asal jakarta timur saat ditemui didalam antrian.

Loading...

Terkait hal tersebut General Menager PT ASDP Merak Tomy Kaunang menyampaikan keterlambatan kapal akibat ombak yang besar serta keberangkatan kapal dari Pelabuhan Bakauheni Lampung terlambat.  Kamis (22/6)

“Kalau jadwal kapal seharusnya jam 00:10 WIB namun hingga 00:50 WIB belum datang jadi ada keterlambatan, ini karena keberangakatn kapal dari bakauhuni telat”

Di waktu yang bersamaan direktur utama PT ASDP Merak Faik Fahmi menjelaskan karena proses boarding atau bongkar muat lebih cepat di dermaga 6 di Pelabuhan Merak, lebih cepat dari jadwal maka ada keterlambatan kapal yang dari pelabuhan bakauheni.

“Karena proses boarding lebih cepat, kan biasaya 1 jam hingga 45 menit, tadi motor langsung masuk cepat jadi gak sampai 45 menit jadi yang disananya (red Pelabuhan Bakauheni)  terlambat jalan”

Lebih lanjut Faik Fahmi menjelaskan hal ini harus dievaluasi dan diantisipasi kalau kondisi saat ini dari dermaga 6 di Merak keluarnya lebih cepat dan di Pelabuhan Bakauheni masuknya normal. Untuk kapal khusus di dermaga 6 di sediakan 6 kapal, skenario untuk dermaga 6 karena pengunjung atau penumpang di malam hari khusunya arus mudik jumlahnya banyak maka untuk malam hari hanya kapal kapal besar yang di operasikan, kalau hari normal pengunjung di kisaran 2000 untuk arus mudik meningkat hingga 3000.

“Skenario sudah bagus, hanya sayang ini ada keterlambatan, jadi disini bisa cepat disana (pelabuhan bakauhuni harus bisa lebih cepat lagi” pungkasnya. (mow/atp) 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here