Istana Kepresidenan : Tidak Ada Kenaikan Gaji Presiden Hingga Saat Ini

 

Foto : Net/ Presiden RI Jokowi

Centralnews – Nasional, Berita viral yang mengabarkan bahwa Presiden Joko Widodo mendapatkan kenaikan gaji yang selama ini tidak pernah ada kenaikan gaji sejak 2001. Menanggapi hal tersebut, Istana Kepresidenan mengeluarkan bantahan atas kabar kenaikan gaji tersebut.

“Kabar yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo mendapatkan kenaikan gaji adalah tidak benar,” tegas Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Rabu, (28/06/2017). moncler b ware coat

Pendapatan yang diterima Joko Widodo masih sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Bey Machmudin menjelaskan pada pasal 2 undang-undang tersebut, tercantum bahwa Presiden menerima enam kali lipat dari gaji pokok tertinggi pejabat di Indonesia yakni Ketua DPR, Mahkamah Agung, dan Badan Pemeriksa Keuangan, sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima empat kali gaji pejabat tertinggi lainnya.

Loading...

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara, disebutkan bahwa pejabat negara yang menerima gaji terbesar adalah Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua BPK, dan Ketua MA dengan nilai Rp 5, nfl jerseys game vs elite green bay 040 juta per bulan. Dengan kata lain, nilai gaji Presiden Jokowi adalah 6 kali Rp 5,040 juta yakni Rp 30,240 juta per bulan.

Angka tersebut belum termasuk tunjangan jabatan yang diterima Presiden Jokowi. Apabila mengikutkan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001, maka tunjangan untuk Presiden adalah Rp 32,5 juta. Ditotal dengan gaji pokok, didapatlah penghasilan sebesar Rp 62,740 juta per bulan.

Kepala Biro Pers, Media, michael kors ava kors ankle boots dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin menegaskan kembali bahwa kondisi itu tak pernah berubah.

“Penghasilan Presiden dan Wakil Presiden tidak mengalami perubahan sejak 2001,” ujar Bey melalui keterangan tertulisnya.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo mendapatkan kenaikan gaji hingga 100 persen yang tidak pernah terjadi sejak 2001 setiap bulannya. Penghasilan yang selama ini diterima Jokowi dalah sebesar Rp62,74 juta sedangkan penghasilan JK sebesar Rp 42,16 juta. Dan tidak ada kenaikan gaji Presiden hingga saat Ini. (atp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here