Kereta Tanpa Awak Siap Beroperasi Bulan Agustus Mendatang di Bandara Soetta

Salah satu gerbong dari skytrain yang akan digunakan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Agustus 2017 mendatang.

Centralnews – NASIONAL, Kereta tanpa awak atau yang biasa disebut dengan skytrain akan siap beroperasi pada bulan Agustus mendatang. Kereta ini menjadi moda transportasi modern di Bandara Soekarno-Hatta.

Perlu diketahui bahwa skytrain merupakan kereta tanpa awak yang berfungsi agar penumpang dapat pindah dari terminal satu ke terminal lainnya didalam area bandara.

Berbeda dengan skytrain yang ada dibeberapa bandara Internasional lainnya, skytrain pertama untuk Bandara Soekarno Hatta ini menggunakan roda, bukan berbasis rel.

“Jadi dasar kita adalah untuk memenuhi kebutuhan penumpang, kita ingin melayani penumpang dengan sebaik-baiknya. Kita tahu terminal Bandara Soekarno Hatta ini terpisah antara terminal 1,2 dan 3 yang lokasinya berjauhan, selama ini pergerakan penumpang dilayani dengan shuttle bus fasilitas itu tentu sudah tidak cocok lagi karena situasi Bandara Soekarno Hatta yang kondisinya kian Crowded nah kita memecahkan masalah tersebut dengan pengadaan skytrain ini. Kata Head Of Corporate Secretary Angkasa Pura II Agus Haryadi (26/6/2017).

Kapasitas total satu train set itu dapat menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 2 ke Terminal 3 maupun sebaliknya.

Loading...

“Jarak tempuh dari titik awal pemberangkatan dari terminal 1 ke terminal 3 kurang lebih dengan 3 km dan empat stop point itu memerlukan waktu sekitar 7 Menit”. Kata Agus

Adapun pada Juni 2017, skytrain ditargetkan beroperasi menggunakan satu train set yang terdiri dari dua kereta.

Selang dua bulan setelahnya, yakni pada Agustus 2017, tiga train set akan dioperasikan penuh dengan kapasitas angkut 528 orang bersamaan dengan terminal tiga yang akan beroperasi.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Angkasa Pura II akan memberikan kado berupa skytrain.

Tiga train set ini akan menghubungkan semua terminal, mulai dari Terminal 1, 2, 3, serta integrated building yang difungsikan sebagai pertemuan berbagai moda transportasi di Bandara Soekarno-Hatta. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here