Hari Ini Operasional Truk Ditunda Hingga 3 Juli Mendatang

Centralnews – Nasional, Arus balik Lebaran sudah mulai terlihat, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar menjelaskan bahwa pihaknya sudah mencoba berdiskusi dengan Kadin agar pengoperasian truk bisa ditunda. Hal ini merupakan strategi untuk mencegah kemacetan saat arus balik.

Pasalnya hari ini Kamis (29/06/17) dan esok (30/06) menjadi titik beroperasinya truk angkutan barang dan berbagai strategi dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna mengurangi bahkan mencegah tingkat kemacetan dengan cara menunda pengoperasian truk hingga 3 Juli mendatang.

Kemudian daripada itu, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan ada beberapa titik krusial yang menjadi perhatian dan atensi untuk diantisipasi terkait arus balik. Titik tersebut yaitu Grinsing, Brexit, Palimanan, Dawuan, Gerbang Tol Cikarut serta Rest Area sepanjang Tol Cikampek KM 62, 52 dan 42.

Karena itu, Royke berharap warga tidak bertumpu pada hari jelang libur berakhir saja dalam melakukan perjalanan arus balik. Sebab, pada tanggal itu truk telah beroperasi kembali di tol.

Loading...

“Mengharapkan para pemudik dapat mengatur jadwal kembali tidak tertumpu dalam satu waktu menjelang libur bersama selesai mengingat tanggal 30 Juni telah beroperasinya kendaraan angkutan barang,” kata Royke seperti dikutip dari situs Detiknews, Kamis (29/6/)

Jika memang kendaraan angkutan barang harus beroperasi dan penumpukan dilain tol terjadi, lanjutnya, maka akan dilakukan diskresi kepolisian seperti menempatkan kendaraan angkutan barang tersebut pada kantong-kantong parkir sampai situasi memungkinkan

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas seperti sistem contraflow, buka tutup pada rest area atau menutup rest area jika memang diperlukan untuk mengurai kemacetan. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here