Tahun Ini, KPK Jerat Korporasi Korupsi

Foto : Net

Centralnews – Nasional, Keterlibatan korporasi dalam praktik korupsi dapat dicermati dari beberapa kasus yang pernah ditangani KPK. Data KPK tahun 2016 menyebutkan, lembaga ini telah menangani 146 kasus dengan tersangka pengurus korporasi atau perusahaan. Semua pengurus korporasi berhasil dijerat dan dijebloskan ke penjara, tetapi korporasinya tidak tersentuh dan tetap dapat beroperasi hingga saat ini.

Tahun ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakin dapat menjerat sejumlah korporasi diduga melakukan tindak pidana korupsi yang menjadi implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Tindak Pidana oleh Korporasi.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menjelaskan bahwa sudah ada kesepakatan pada kamis (29/06/2017) dan telah memiliki 1 atau 2 korporasi yang akan dinaikkan ke penyidikan.

Korporasi yang dimaksud adalah korporasi yang pengurusnya sudah diproses di KPK, dan bahkan putusannya sudah berkekuatan hukum tetap.

Loading...

Namun menjadikan korporasi sebagai tersangka korupsi bukanlah dengan membebankan pidana pemenjaraan, tapi menerapkan denda kepada korporasi itu.

Menjerat korporasi dalam kasus korupsi menjadi langkah penting untuk dapat memberikan efek jera buat para pelaku korporasi, serta dapat juga menjadi peringatan bagi korporasi lainnya untuk tidak melakukan tindakan yang sama atau korupsi. (atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here