Kemenhub Antisipasi Lonjakan Arus Balik Malam Ini

Centralnews – LAMPUNG, Baru 50 persen pemudik yang kembali menyeberang dari Pulau diantara menuju Pulau Jawa. Karenanya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengantisipasi lonjakan pemudik yang diprediksi akan terjadi pada malam ini, Sabtu 01 Juli 2017.

“Skenario sudah disiapkan oleh Kapolda. Misalnya terjadi antrian sampai satu kilometer nanti akan ditampung di ruas tol sementara, tapi itu belum sempat digunakan, karena sampai saat ini seluruh alur kendaraan bisa ditampung dengan baik di pelabuhan,” kata Sugihardjo, Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenhub, melalui rilis yang diterima pada Sabtu (01/07/2017).

Perilaku pemudik saat arus balik dari Sumatera menuju Jawa, mereka mengejar waktu menyeberang pada malam hari.

“Pola perjalanannya sudah kelihatan, kalau kendaraan roda empat dan sepeda motor biasanya melakukan perjalanan malam hari sementara penumpang pejalan kaki itu kan pada pagi hari,” terangnya.

Loading...

Berdasarkan data yang diperoleh dari posko arus balik di Pelabuhan Bakauheni sejak Jum’at sampai Sabtu, 30 juni-01 Juli 2017, pemudik yang datang ke Pelabuhan Bakauheni sejak H-10 hingga hari H-Lebatan berjumlah 943.371 orang dan telah kembali dari Bakauheni hingga hari ini sebanyak 430.124 orang atau sekitar 46 persen.

Kendaraan roda empat berjumlah 96.330 unit yang baru kembali dari Bakauheni sebanyak 48.547 atau baru 50 persen. Sedangkan roda dua berjumlah 81.402 unit dan yang telah kembali dari Bakauheni sebanyak 37.530 atau sekitar 46 persen. (yandi/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here