Tarif Baru Taksi Online Ditetapkan Pemerintah

 

Foto : Net

Centralnews – Nasional, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuat ketentuan baru dalam memberikan aturan terkait tarif batas bawah dan atas bagi operator jasa angkutan taksi berbasis online.

Hal itu sesuai dengan revisi dari Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.. Sehingga aturan baru ini menjadikan tarif taksi online yang tak jauh berbeda dengan tarif taksi konvensional.

Pudji Hartanto Iskandar, selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menjelaskan bahwa ketentuan tarif dihitung berdasarkan jarak per kilometer (Km) dan dibedakan berdasarkan wilayah.

Ketentuan tarif batas bawah wilayah I yang meliputi Sumatra, Jawa, dan Bali Tarif batas bawah adalah Rp3.500 per km. Sedangkan batas atas Rp 6 ribu per km.

Loading...

Untuk wilayah II yang meliputi Kalimantan, Sulawesi hingga Papua, tarif batas bawah adalah Rp3.700 ribu dan batas atas Rp6.500 per km.

Pudji juga menjelaskan ketentuan itu berlaku per hari ini, 1 Juli 2017, dan wajib diikuti oleh seluruh operator taksi online.

Aturan ini sendiri ditujukan untuk transportasi online jenis roda empat dan ditujukan justru untuk memberikan perlindungan kepada pengemudi dan pengguna jasa. Revisi ini pun  berdasarkan hasil rembuk dengan pengelola taksi online dan konvensional.

“Kami sepakat antara organda (organisasi angkutan darat) dan perusahaan online siap menjalankannya,” Ujar Pudji dalam sosialisasi penyesuain tarif di Silang Barat Monas, Jakarta, Sabtu, 1 Juli.

Jika operator melanggar ketentuan, maka pihaknya secara tegas akan memberikan sanksi mulai dari teguran hingga pencabutan izin operasional.

Dengan ketentuan tarif ini, pemerintah berharap dapat membuat kesetaraan semua pihak dari pelaku transportasi. Di mana taksi online dan taksi konvensional harus diperlakukan setara supaya tercipta persaingan yang sehat. Dan pemerintah yakin antara taksi online dan angkutan umum konvensional tidak akan ada lagi masalah. (atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here