2018 Mendatang Ibu Kota Bukan Lagi di Jakarta ?

Foto : Net/Ibukota Jakarta

Centralnews – NASIONAL, Perlu kita ketahui bahwa Indonesia pernah hingga tiga kali pindah Ibu Kota. sejarah mencatat Ibu Kota berawal dari Jakarta dan pindah ke Yogyakarta pada 4 Januari 1946, Setelah Yogyakarta, Ibukota Indonesia sempat juga dipindah ke Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948.

Kemudian pemindahan Ibukota yang terakhir adalah ke Bireuen, Aceh. Pemindahan itu juga terjadi pada tahun 1948, namun hanya berlangsung selama seminggu.

Di tahun ini Ibu Kota direncanakan akan dipindahkan lagi, wacana yang beredar adalah Pulau Kalimantan menjadi target lokasi pemindahan Ibu Kota selanjutnya.

Seperti dikutip dari Detikcom, “Persiapan pindah (Ibu Kota) akan dimulai pada 2018,” Ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro. (05/07/17)

Wacana pemindahan ini masih akan terus dikaji dan akan di realisasikan.

Loading...

Pemindahan Ibu Kota bertujuan untuk memperbaiki kesenjangan ekonomi di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, serta untuk pemerataan pembangunan, menggerakan kawasan timur dan pemerataan penduduk.

Kalimantan dinilai paling berpotensi untuk Ibu Kota dan dari isu yang kuat beredar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah menjadi Ibu Kota baru

Selain masalah lokasi, Bambang juga mengatakan pemerintah masih mencari skema pendanaan yang paling tepat. Sebab, membutuhkan dana yang besar terkait rencana tersebut, sementara pemerintah tak mau membebani APBN. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here