Batas Usia dalam Permendikbud Terbaru dikeluhkan Orang Tua Siswa Baru

Centralnews – TANGERANG, Berdasarkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017, dengan menerapkan sistem zonasi, sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah paling sedikit sebesar 90 persen dari total jumlah peserta didik yang diterima. Domisili calon peserta didik tersebut berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling lambat enam bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

Dalam Permendikbud ini memang disebutkan bahwa seleksi PPDB pada kelas VII SMP dan kelas X SMA/SMK mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar. Urutan prioritas itu adalah: 1. Jarak tempat tinggal ke sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi; 2. Usia; 3. Nilai hasil ujian sekolah (untuk lulusan SD) dan Surat Hasil Ujian Nasional atau SHUN (bagi lulusan SMP); dan 4. Prestasi di bidang akademik dan non-akademik yang diakui sekolah sesuai dengan kewenangan daerah masing-masing.

Kebijakan baru Kemendikbud tersebut dikeluhkan orang tua siswa di Tangerang, Banten. Khusunya terkait penetapan batas usia.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 17 tahun 2017 anak didik baru diharuskan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, yakni zonasi, batas usia dan nilai UN apabila tidak memenuhi maka pendaftar dinyatakan gugur atau tidak diterima di Sekolah Negeri.

Loading...

Kondisi ini dikeluhkan orang tua siswa yang terbentur dengan kebijakan tersebut,terutama masalah batas usia. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman menegaskan bahwa pihaknya menerima siswa baru dengan sistem baru dari Kemendikbud berdasarkan peraturan nomor 17 tahun 2017.

Praktisi pendidikan Kota Tangerang Ahmad Badawi meminta Kemendikbud mengkaji ulang kebijakan baru penerimaan siswa baru terutama pembatasan usia. Pasalnya banyak anak berprestasi namun dari segi usia kurang, mereka seharsunya diberi kesempatan untuk tetap bersekolah. (rifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here