Tunjangan Fungsional Guru Swasta dihapus, Bupati Kab Pandeglang Buka Suara

Centralnews – PANDEGLANG, Secara resmi pemerintah pusat telah menghapus tunjangan fungsional bagi guru swasta yang belum menerima tunjangan profesi guru (TPG) hal ini menuai penolakan. Selama ini aturan pemberian tunjangan fungsioanal tertuang dalam Pasal 19 PP  74/2008 tentang guru. didalam pasal tersebut dijelaskan bahwa ada tujuh syarat untuk mendapatkan tunjangan fungsional. Seperti memiliki sertifikasi profesi guru, menjadi guru tetap, dan usia maksimal 60 Tahun.

Namun, keberadaan fungsional tersebut dihapus didalam PP 19/2017 tentang revisi PP 74/2008 tentang guru. Secara tegas di PP tersebut dijelaskan bahwa seluruh Pasal 19/2008 dihapus.

Keputusan pemerintah menghapus pasal tunjangan fungsional sangat disayangkan, bagaimana tidak penghapusan tersebut menunjukkan arogansi Kemendikbud terhadap guru.

Penghapusan fungsional guru swasta tersebut mendapat respon dari berbagai pihak, salah satunya Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Loading...

Ia mengaku akan mempertimbangkan terkait hal tersebut, menurut irna pemerintah bukan tidak ingin mendukung guru swasta pasalnya rata-rata sekolah swasta sudah mandiri.

Irna menuturkan bahwa pihaknya juga akan melihat dari kemampuan fiscal APBD Pandeglang, karena masih banyak persoalan-persoalan yang menyangkut hal ini diantaranya seperti guru honorer, perawat honorer dan pegawai honorer yang saat ini jumlanya masih banyak dan menjadi masalah di Kabupaten Pandeglang.

Menurut Irna pemerintah bukan tidak mau memperhatikan guru swasta namun karena keterbatasan APBD hal tersebut masih jadi pertimbangan pemerintah daerah. Irna menjelaskan biasanya sekolah swasta sudah mandiri sehingga guru-guru yang bekerja di Sekolah swasta tersebut sudah diperhatikan kesejahteraannya, namun irna juga tidak memungkiri bahwa ada sejumlah sekolah swasta yang kondisinya justru memprihatinkan, hal inilah yang nantinya menjadi perhatian pemerintah dengan terlebih dahulu melihat kondisi sekolah tersebut

Bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita mengatakan bahwa “tidak hanya untuk gurunya saja tetapi lebih membantu kepada infrastrukturnya atau hal-hal ini nanti kita akan rembukkan. Karena memang banyak yang menjadi perhatian pemerintah, tetapi memang pemerintah harus hadir ditengah masyarakat memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

Irna pun mengaskan jika ingin mendirikan sekolah swasta maka segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik dan tidak memaksakan diri jika belum siap.  (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here