Kejernihan Mata Air Cibulakan

    Foto : Centralnews/doc.ani

    Menelusuri jalan setapak, itulah cara untuk menuju Mata Air Cibulakan yang terletak di Ciomas Serang Banten. Mata air tersebut berada tidak jauh dari tempat tinggal warga dan bila berjalan kaki maka akan disuguhkan oleh pemandangan sawah-sawah lalu perkebunan milik warga. Akan  tetapi jika menaiki kendaraan roda dua medannya cukup sulit dikarenakan jalan licin dan berlumpur.

    Sesampainya di Mata Air Cibulakan, pemandangan pohon-pohon yang menjulang tinggi dan dihiasi dengan sawah yang membentang disisi mata air tersebut. Mata air Cibulakan atau warga setempat sering menyebutnya dengan Cibulakan, airnya yang sangat jernih membuat tak sabar ingin segera berenang. Ketika berenang pengunjung bisa mengabadikannya dengan berfoto di bawah air yang  sangat jernih.

    Dihari-hari biasa tempat wisata ini tidak begitu ramai terkecuali saat hari libur Lebaran, tempat ini ramai dipadati pengunjung lokal maupun luar daerah. Tempat wisata Mata Air Cibulakan menjadi tujuan wisatawan dikarenakan kejernihan air dan sejuknya udara disekitar tempat wisata. Lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau inilah yang menjadi alasan mengapa Mata Air Cibulakan sangat bersih dan jernih.

    Jika pengunjung ingin datang ke lokasi ini tidak dipungut biaya sepeserpun, karena Cibulakan ini terbuka untuk siapa saja yang ingin berenang atau jika hanya sekedar duduk-duduk sambil memandangi pemandangan disekitar Cibulakan tersebut. Tidak ada batasan waktu saat berenang tetapi jika selesai berenang yang menjadi kendala adalah tidak disediakan tempat untuk berganti pakaian. Karena tidak ada pengelola dan lokasinya memang untuk umum. Sebagian besar pengunjungnya penduduk asli sehingga jika ingin berganti pakaian mereka langsung pulang dengan kondisi tubuh yang basah.

    Loading...

    Selain untuk berenang, masyarakat setempat sering memanfaatkannya untuk mencuci pakaian jika mereka tidak memiliki persediaan air di rumah. Kemudian dari itu di Cibulakan pengunjung atau masyarakat setempat bisa memancing ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil tersebut bisa dijadikan sebagai ikan hias atau bisa juga di masak untuk menjadi santapan lauk. Atau jika ingin berpiknik dengan keluarga bisa dimanfaatkan dengan tradisi makan bersama.

    Di mohon agar masyarakat untuk saling menjaga kebersihan supaya Mata Air Cibulakan yang notabenenya masih sangat alami dan jernih serta berada di Provinsi Banten ini tetap terjaga kebersihan dan keindahannya. (ani/viko)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here