Menteri Susi Heran Kebijakannya Membuat Investor Tidak Nyaman

Centralnews – NASIONAL, Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal sempat menuai pro-kontra Menurut Menteri Susi Pudjiastuti, adanya perubahan kebijakan ini turut ditanggapi secara negatif oleh sejumlah pebisnis. Utamanya adalah pebisnis yang selama ini menikmati hasil laut di Indonesia.

Dia menegaskan bahwa penenggelaman kapal ini memiliki aturan khusus sehingga tak seharusnya menuai kekhawatiran pada berbagai pihak.

Susi pun sempat heran dengan adanya ketidaknyamanan dari para investor dengan adanya kebijakan ini. Sebab, jika investor tersebut benar-benar ingin berinvestasi, tidak seharusnya takut pada kebijakan ini.

Menteri Susi Pudjiastuti mengatakan, kebijakan yang telah dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak akan mundur karena hal itu untuk menegakkan kedaulatan nasional.

Loading...

Susi Pudjiastuti tidak menginginkan sektor perikanan menjadi seperti sejumlah sektor lainnya yang berada di Tanah Air tetapi dikuasai asing. Apalagi Republik Indonesia, ujar dia, memiliki kawasan coastal fisheries atau penangkapan ikan yang sangat luas.

Banyaknya pencurian ikan ini juga turut berdampak pada penerimaan pajak pada sektor ini. Untuk itu, pemerintah perlu memberantas pencurian ikan demi meningkatkan produktivitas nelayan. Untuk itu, bantuan pada nelayan pun ditingkatkan.

Susi mengungkapkan, beberapa kebijakan lainnya juga turut menuai tanggapan negatif dari berbagai pihak. Salah satunya adalah pengaturan impor garam.

Menurutnya, beberapa kebijakan saat ini justru telah berdampak pada kesejahteraan nelayan. Hal ini terbukti dengan membaiknya hasil produksi nelayan dan nilai tukar nelayan di Indonesia. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here