Faktor Perlintasan Liar Kemenhub Catat 70 Nyawa Melayang Setiap Bulan

Centralnews – SERANG, Dari 5.800 lebih perlintasan kereta api di Indonesia, sebanyak 3.800 lebih berstatus bahaya karena belum memiliki palang pintu atau rambu peringatan bahaya yang Wajib dipasang oleh pemerintah daerah (Pemda).

“Di Indonesia sebanyak 5800 perlintasan, yang dijaga hanya 1200, berarti ada 3600 sekian liar yang tidak dijaga,” kata Edi Nur Salam, Direktur Keselamatan Perkereata Apian di Kementrian Perhubungan (Kemenhub) saat ditemui di Kota Serang, ugg outlet clinton crossing castle rock Selasa kemarin (11/07/2017).

Edi bercerita di Kabupaten Gerobogan, Jawa Tengah, karena Pemda nya tak memikirkan keselamatan warganya. Masyarakat setempat membangun secara swadaya.

“Di Gerobogan karena pemdanya enggak ada respon sama sekali akhirnya masyarakat yang bangun,” jelasnya.

Loading...

Pihaknya pun mengaku sejak awal tahun 2017 saja, setidaknya sembilan perlintasan kereta api telah di tutup oleh Kemenhub karena di anggap berbahaya dan liar.

“Udah banyak yang ditutup, 2017 ada sembilan, moncler down dress kemarin kita nutup di Pasar Minggu, Tanjung Barat, Senen, Simatupang,” terangnya.

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mencatat setidaknya 70 nyawa melayang setiap bulannya diseluruh Indonesia akibat melintasi jalur kereta api tanpa palang pintu ataupun jalur lintasan ilegal yang kerap dilalui warga.

“Jumlah perlintasan meningkat. Sebulan sampai 70 nyawa yang meninggal, artinya perhari lebih dari dua,” kata Edi

Menurut Edi, perlintasan kereta api sebidang ataupun ilegal, merupakan tanggung jawab pemerintah daerah (Pemda) untuk menjaga dan mengaturnya sesuai Undang – undang nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian. monster beats canada china

“Dijelaskan perlintasan sebidang harus ada rambu, minimal sepuluh unit, harus ada peringatan bahaya. Kalau sudah ramai harus dipasang palang pintu dan penjaga, penjaganya status sesuai jalan milik siapa,” jelasnya.

Namun saat ditutup oleh Kemenhub karena dianggap membahayakan, Pemda kerap kali melakukan penolakan dengan berbagai alasan.

“Setiap perlintasan kita tutup, tapi Pemda nya protes. Kalau Pemda enggak sanggup (menjaga) tutup saja, alihkan ke jalan lain, monster beats cheap charger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here