Larangan Cantrang Menteri KKP didemo Nelayan

Centralnews – NASIONAL, Pelarangan penggunaan alat penangkap ikan cantrang sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2/2015 tentang Pelarangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Trawl dan Seine Nets terus mendapatkan protes.

Ribuan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia melakukan unjuk rasa.

Ribuan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia melakukan unjuk rasa di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta pada Selasa (11/7). Mereka menuntut pencopotan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai buntut kebijakan pelarangan cantrang bagi para nelayan.

Sambil membawa spanduk dan bendera merah putih, para nelayan menyerukan agar Presiden Joko Widodo segera mencopot Susi dari jabatannya. Salah satu dari spanduk itu bertuliskan ‘Kami butuh ikan, kami menganggur, copot Susi!’. Sejumlah nelayan juga terlihat mengusung keranda berisi tiruan jenazah.

Melalui keterangan resmi, Aliansi Nelayan Indonesia sebelumnya menyatakan akan mengusung 10 tuntutan kepada pemerintah. Selain melegalkan cantrang, tuntutan lain adalah membatalkan seluruh aturan yang dibuat Susi, serta mendesak Bareskrim Polri untuk memeriksa Susi dalam kasus dugaan skandal impor garam.

Loading...

Atas dasar Konflik atau protes yang telah berlangsung sekitar dua tahun ini, Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (Isla Unhas) Darwis Ismail menilai bahwa tidak ada upaya serius dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyelesaikan konflik cantrang. Padahal, kebijakan sudah sangat lama diprotes.

Mereka juga mengkritik gaya kepemimpinan Susi sebagai Menteri. Selama menjabat Menteri KKP, Susi dinilai selalu monolog, tak pernah mau berdialog dan musyawarah mufakat dengan nelayan. Akibatnya, tak pernah ada solusi dari setiap kebijakan terkait nelayan yang dikeluarkan oleh Susi. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here