Pemerintah Resmi Menerbitkan Perppu Pembubaran Ormas

Centralnews – NASIONAL, Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) 2/2017. Perppu ini untuk menggantikan UU 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Presiden Joko Widodo dikabarkan sudah meneken Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pembubaran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Perppu tersebut muncul sebagai salah satu cara pemerintah membubarkan ormas yang dinilai anti-Pancasila, moncler aredhel aphrotiti salah satunya yaitu HTI.

Wacana pembubaran HTI bermula saat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto memberikan pernyataan pers di kantornya pada Senin (8/5/2017).

Wiranto mengatakan alasannya membubarkan HTI karena aktivitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI. ugg outlet edinburgh england

Loading...

Perppu itu dikenal sebagai Perppu ‘pembubaran ormas’, karena disusun setelah pemerintah mengumumkan sikapnya untuk membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Perppu dibuat untuk merevisi UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat.

Menkopolhukam Wiranto menyebut Perppu itu diterbitkan karena ada situasi mendesak bagi pemerintah untuk mengatur ormas yang bertentangan dengan Pancasila, sementara UU Ormas yang ada belum mengatur. nfl jerseys differences dak prescott

Antara lain soal pengertian ajaran dan tindakan yang bertentangan dengan Pancasila, UU Ormas merumuskannya sempit hanya pada atheisme, marxisme dan leninisme. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here