KPU Kota Serang Gelar Rakor Pembekalan dan Penyuluhan Aplikasi Sipol dengan Partai Politik

Foto : Ketua KPU Kota Serang Heri wahidin / (dok.Centralnews/sis)

Centralnews – SERANG,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)  pembekalan dan penyuluhan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) kepada puluhan perwakilan pengurus partai di Kota Serang.

Ketua KPU Provinsi yang merupakan narasumber penyampaian aplikasi Sipol Agus Supriyatna mengatakan kegiatan hari ini yang dilakukan KPU Kota Serang adalah untuk menyampaikan kepada partai politik terkait persiapan verifikasi partai politik, yang memang pada Oktober 2017 sudah melakukan verifikasi dan pendaftaran bagaimana menyusun keanggotaan partai politik dari tingkat desa kelurahan kecamatan,”Ungkap Agus di kantor KPU Kota Serang,  Kamis (13/07/17).

Foto : Ketua KPU provinsi Agus Supriyatna saat memberikan pembekalan aplikasi Sipol / (dok.Centralnews/sis)

“Dan dalam kegiatan kali ini kita memperkenalkan aplikasi Sipol yang dibuat untuk mendukung pelaksanaan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu di Kota Serang, dimana aplikasi Sipol ini bisa mempermudah verifikasi dan untuk membuat pekerjaan lebih efektif dan bisa dipertanggungjawabkan,”terangnya

Agus mengatakan, sistem ini membuat semua tahapan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu menjadi terbuka. Setiap parpol diharuskan mengisi data partai politik di SIPOL guna persiapan pendaftaran. Data parpol itu diantaranya tentang profil, kepengurusan, alamat kantor dan keanggotaan.” masyarakat bisa melihat konten-konten yang ada di Sipol, KTA nya,  kepengurusan partainya sekertariatnya, masyarakat bisa mengetahuinya, sekarang partai politik sudah mulai menyusun semuanya” ujarnya

Untuk saat ini lanjut Agus, aplikasi sipol belum resmi ditetapkan KPU, masih menunggu dari KPU pusat.

Loading...

Sementara ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin mengatakan Sipol ini merupakan sistem untuk mendeteksi keanggotaan partai politik,”Jadi kalau ada yang ganda bisa terdeksi,” kata Heri.

“Aplikasi Sipol ini belum kita terapkan, kita masih menunggu launching dari KPU Pusat,  jadi kita saat ini sedang memperkenalkan kepada IT partai politik, dan memberitahukan bagaimana menjalankan aplikasi ini,” tutup Heri. (Sis/viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here