Kelurahan Dinoyo Canangkan Aplikasi Android Untuk Warganya

Foto : Net / ilustrasi android

Centralnews – NASIONAL, Kelurahan Dinoyo saat ini telah menerapkan aplikasi berbasis android untuk pelayanan pengurusan administrasi kependudukan bagi warganya. Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan adalah nama aplikasi yang dicanangkan oleh keluarahan yang berada di Kecamatan Lowokwaru,Kota Malang tersebut .

Tujuan dibuatnya aplikasi tersebut agar 17.462 warga di kelurahan tersebut tidak perlu lagi mendatangi kantor kelurahan untuk mengurus surat-surat, warga hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan mendaftar cukup dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera dalam e-KTP

“Warga yang sudah punya rekaman e-KTP dan punya android bisa mengakses aplikasi ini,” tutur Lurah Dinoyo seperti dilansir dari Detik, Jumat (14/7/2017).

Ada tujuh jenis pelayanan yang bisa diakses, yakni pengurusan NPWP, Surat Kelakuan Baik, Surat Pindah Keluar, Surat Keterangan Tidak Mampu, Surat Keterangan Usaha, Surat Usaha Mikro, dan Surat Pernyataan Miskin.

Cara mengoperasikannya gampang. Warga tinggal mengklik surat yang dibutuhkan. Setelah itu, sistem dalam android akan memberikan notifikasi ke Ketua RT dan RW setempat untuk mendapatkan persetujuan.

Loading...

Setelah surat selesai dikerjakan oleh petugas kelurahan, terdapat laporan di dalam aplikasi itu. Sehingga warga bisa melihat progress permohonan surat kependudukan yang diajukannya.

Bila warga telah mengurus surat yang ingin dilakukan melalui aplikasi tersebut maka petugas kelurahan akan mengurusnya secara online pula kemudian bila sudah selesai maka terdapat laporan di dalam aplikasi tersebut. Sehingga warga bisa melihat progress permohonan surat kependudukan yang diajukannya.

“Misalnya masih menunggu persetujuan dari RT, itu terlihat. Kalau RT tidak menyetujui, Ketua RT memberikan alasan di aplikasi ini,” jelasnya.

Setelah semua prosesnya selesai maka warga bisa mengambilnya di kelurahan ataupun jika warga berhalangan tidak bisa mengambilnya maka dari pihak petugas akan mengirimkannya melalui jasa pengiriman.

“Misalnya ada warga Kelurahan Dinoyo yang sedang berada di Jakarta, bisa dikirim ke alamat yang bersangkutan,” ungkapnya.

Arif menjelaskan, pengurusan administrasi kependudukan di kelurahannya memang banyak.

Dengan adanya aplikasi ini, warga di kelurahannya bisa mendapat kemudahan dalam mengurus administrasi kependudukan. Ke depan, pihaknya akan terus mengembangkan inovasi ini termasuk membuat aplikasi yang sama untuk sistem selain android. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here