China Protes Pergantian Nama Laut China Selatan Menjadi Laut Natuna Utara di Peta Indonesia

Centralnews – NASIONAL, Indonesia baru-baru ini mengubah penyebutan nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Keputusan Indonesia untuk menyebut Laut China Selatan dengan Laut Natuna Utara itu memicu kritik dari Beijing.

Perubahan nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara memiliki dampak politis. Pergantian nama melalui pemutakhiran peta baru memberikan narasi berbeda yang menantang klaim China terhadap wilayah tersebut.

ugg outlet elizabeth nj eagan mn “>Perubahan nama ini direspons oleh Pemerintah China. Melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Geng Shuang, ia mengingatkan kembali bahwa China memiliki klaim meyakinkan terhadap wilayah Laut China Selatan sesuai nine-dashed line.

Indonesia bukan negara pertama yang mengubah nama wilayahnya di Laut China Selatan. Pada tahun 2011, Filipina mengganti nama perairan Laut Filipina Barat dua tahun sebelum mengajukan gugatan sengketa wilayah ke pengadilan internasional di Den Haag. Hal ini memicu kemarahan China dengan menyeret Filipina ke Mahkamah Internasional,. Pengadilan pada tahun 2016 memutuskan untuk memenangkan gugatan Filipina. ugg outlet france facebook Namun China menolak pengambilan keputusan dan menyebut pengadilan sebagai lelucon.

Loading...

Alasan pemutakhiran peta tidak terlepas dari upaya Indonesia melakukan penegasan di wilayah perbatasan.

Tentu penegasan kedaulatan ini mengganggu upaya China yang telah lama berusaha membangun klaim terhadap wilayah disebagian besar Laut China Selatan. Nama Laut China Selatan kerap dilekatkan kepada klaim nine-dashed line milik China yang melampaui wilayah beberapa negara. Nine-dashed line merupakan wilayah perairan yang diklaim China mulai dari Provinsi Hainan hingga Laut Natuna. Akibat klaim ini, China bersengketa dengan Filipina, Taiwan, Malaysia, michael kors apple watch band activity tracker dan Vietnam. Indonesia memang memposisikan diri untuk tidak terlibat dalam sengketa Laut China Selatan seperti negara lainnya.

Sebelumnya, laut Natuna hanya berada dibagian dalam garis laut teritorial dan laut kepulauan. Pada peta lama yang dikeluarkan pada tahun 1953, Laut China Selatan disebutkan membentang hingga wilayah Laut Jawa. Sehingga, Laut Jawa dibagian berbatasan dengan Kalimantan pada tahun 1953 disebut masih menjadi bagian dari Laut China Selatan. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here