Diguncang Gempa Kembali, Masyarakat dihimbau Tidak Terpengaruh Atas Isu Tsunami

Foto : Net/ilustrasi

Centralnews – NASIONAL, Sehubungan dengan terjadinya gempa dengan kekuatan mencapai 5,5 SR di Padang Sidempuan, Provinsi Sumatra Utara  pada 14 Juli 2017 silam pada hari ini Selasa (18/7) dini hari pukul 00.28 WIB terjadi kembali gempa dengan kekuatan mencapai 3,4 Skala Rischter.

BBMKG Wilayah 1 Medan mencatat hingga hari ini gempa susulan sejak 14 Juli hingga 18 Juli 2017 tersebut mencapai 11 kali. Gempa bumi itu berada pada zona Sesar Sumatra pada Segmen Angkola yang karakteristik sinyalnya menunjukkan gempa tektonik.

Gempa tektonik dangkal adalah gempa pada laposan kerak bumi. Gempa ini tidak menyebabkan tsunami dan masyarakat di sekitar wilayah Kota Padang Sidimpuan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab.

Seperti yang dikutip dari Detiknews, “Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatra Utara dan sekitarnya, juga diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan

Gempa tersebut berpusat pada koordinat 1,69 derajat lintang utara dan 99,20 derajat bujur timur. Sedangkan lokasinya berada di darat pada jarak 15 km arah barat laut Kota Padang Sidempuan pada kedalaman 10 km. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here