Drama Pengesahan RUU Pemilu sampai Adopsi Presidential Threshold 20 Persen

Centralnews – NASIONAL, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin telah melakukan finalisasi draf Peraturan KPU mengenai Tahapan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019, yang hasilnya akan dikonsultasikan dengan DPR rencananya usai Lebaran.

Pengesahan Rancangan UU tentang Penyelenggaraan Pemilu dalam sidang paripurna DPR hingga dini hari tadi, berlangsung cukup dramatis. Sebanyak empat fraksi yaitu Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN walk out, alias menolak bertanggung jawab atas pengesahan RUU Pemilu.

michael kors careers clearance “>DPR akhirnya mengesahkan Undang-undang Pemilu dalam sebuah rapat paripurna yang dipenuhi interupsi dan skors. Ketua DPR Setya Novanto, tersangka dugaan korupsi proyek e-KTP. mengetuk palu menandakan pengesahan, setelah mengambilalih pucuk pimpinan sidang dari Fadli Zon, yang ikut walk out bersama fraksinya, Gerindra.

Sidang paripurna yang berlangsung hingga Jumat (21/7) dini hari tersebut memang didominasi oleh partai pendukung pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla. Setelah empat fraksi, Gerindra, PAN, monster beats case crystal Demokrat, dan PKS walk out, praktis peserta sidang hanyalah anggota koalisi pemerintah, PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, dan PKB.

Loading...

dimeja pimpinan sidang, hanya ada Novanto, nfl jerseys at target nba jerseys yang merupakan Ketum Partai Golkar dan Fahri Hamzah yang praktis sudah tak berpartai. Setelah insiden walk out, voting tak digelar, paripurna secara musyawarah memilih paket A yaitu presidential threshold 20 persen, parliamentary threshold 4 persen sistem pemilu terbuka, dapil-magnitude 3-10, dan metode konversi suara Saint League Murni.

Pakar Hukum dan Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menilai pengesahan UU Pemilu yang membuka peluang calon tunggal di pemilu 2019 sebenarnya merupakan bagian dari skenario untuk menjamin terpenuhinya kepentingan partai pendukung Jokowi. Yusril menilai Jokowi akan tersandera karena akan bergantung pada koalisi partai agar mendapat dukungan presidential threshold 20 persen. (rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here