Tb Haerul Jaman : Pasar Rau Membutuhkan Penataan Serius

Foto : net/ Tubagus Haerul Jaman

Centralnews – SERANG, Dengan tujuan untuk mencegah kembalinya PKL dan membuat pasar menjadi tertata rapih, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana membuat taman di sekiling Pasar Induk Rau (PIR) yang semula ditempati Pedagang Kaki Lima (PKL).

Seperti yang dilansir dari liputanbanten, Walikota Serang, Tb Haerul Jaman mengatakan, pasar Rau membutuhkan penataan serius, karena saat ini kondisinya sudah tidak tertata. Padahal, kata dia, pasar Rau menjadi salah satu pusat perdagangan inti di Provinsi Banten.

“Kita akan buat taman di sekeliling pasar Rau. Di samping pipa gas (red-Blok M PIR) kita juga akan buat, agar pasar Rau terlihat lebih tertata,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (24/7/2018).

Adapun tahap pertama pembuatan taman di pasar Rau, salah satunya dengan merelokasi PKL yang menempati area luar pasar, seperti yang dilakukan belum lama ini. Area relokasinya disiapkan di bagian dalam.

“PKL (yang ditertibkan) direlokasi ke bagian dalam, kita (Pemkot Serang) berniat membersihkan pasar Rau, biar lebih terlihat bersih,” ujarnya.

Loading...

Jaman berharap, PKL yang ditertibkan oleh Satpol PP Kota Serang mendukung rencana yang digulirkan pihaknya. Tanpa dukungan semua pihak, pasar Rau tidak akan pernah tertata. “Penataan di sana (pasar Rau) harus ada komitmen dan kepedulian bersama, mudah-mudahan semua PKL bisa berkomitmen bersama dalam menjaga kebersihan,” ujarnya.

Menurut Jaman, rencana penataan sudah dilakukan sejak lama, sejauh ini sudah ada beberapa taman yang dibuat. “ Kami meminta semua yang ada di sana (pasar Rau) juga ikut terlibat dalam membersihkan, sekaligus sampah yang ada juga dirapihkan,” imbuhnya.

Disisi lain, keberadaan PKL yang tidak berarutan kerap menyebabkan penumpukan kendaraan, sehingga lalu lintas tersendat. “Tidak hanya di satu area saja, Pemkot juga akan melakukan penghijauan di sekeliling pasar Rau, baik dari depan sampai ke belakang,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Satpol PP Kota Serang kembali menertibkan bangunan liar di pasar Rau pada Kamis (20/7/2017). Penertiban dilakukan di sepanjang pipa gas area Blok M pasar Rau. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here