Inilah Fungsi Uang Koin yang Digunakan Anak SD Generasi 90-an

    Foto: Net/Uang Koin Jadul

    Generasi 90-an mengisahkan banyak kegembiraan. Karena pada generasi tersebut anak-anak lebih suka bersosialisasi atau bermain dengan teman sebayanya daripada hanya berdiam diri dirumah saja. Sehingga, banyak keunikan yang bisa dikenang ketika beranjak dewasa, keunikan tersebut adalah menggunakan Uang koin.

    Uang koin merupakan logam yang digunakan sebagai alat transaksi ekonomi dan biasanya diterbitkan oleh pemerintah. Namun, ditangan anak SD generasi 90-an uang koin memiliki beberapa fungsi. Dengan cara seperti itu agar dapat menghilangkan kebosanan, dan sebenarnya juga dapat mengasah kreatifitas anak diusianya.

    Jika pada zaman sekarang, anak SD sudah memiliki gadget yang menawarkan aplikasi serta permainan.  Karena perkembangan suatu zaman sehingga membuat kecanggihan teknologi pun semakin canggih.

    Uang koin yang memiliki pecahan lima puluh rupiah, seratus rupiah, lima ratus rupiah, dan seribu rupiah. Selain sebagai alat transaksi atau anak SD sering menggunakannya untuk jajan di sekolah. seperti dilansir dari trivia.id, inilah lima fungsi uang koin yang digunakan anak SD generasi 90-an.

    1. Anggap saja seebagai pelajaran dasar menggambar tiga dimensi
    PicsArt collage

    Ini merupakan kegiatan mengarsir. Letakkan uang koin dibawah kertas buku tulis lalu arsir permukaannya, maka jadilah gambar timbul yang persis seperti kedua mata uang tersebut. Uang koin pecahan seratus rupiah yang bergambar wayang dan rumah gadang ini, nih, yang paling populer. Dulu harga-harga barang belum melambung seperti sekarang, jadi wajar uang seratus rupiahlah yang paling banyak ada di kantong anak SD generasi 90an. Kadang ada teman yang iseng bilang bahwa menjiplak uang seperti ini bisa berakibat masuk penjara karena dianggap memalsukan uang, tetapi hal itu tidak menghentikan mereka untuk terus mengarsirnya. Mereka toh tidak akan menggunakannya untuk beli jajan, anggap saja menghilangkan kebosanan dengan latihan menggambar tiga dimensi.

    1. Kadang berubah fungsi jadi gasing
    Photo credit: Jude Collins
    Loading...

    Seperti gasing, uang koin juga bisa diputar dengan cara memposisikannya dalam keadaan berdiri lalu sentil dengan kekuatan penuh. Cara ini juga bisa jadi bahan main selanjutnya di nomor tiga berikut.

    1. Main tebak-tebakan
    PicsArt collage

    Setelah diputar seperti gasing, salah seorang akan cepat-cepat menutupnya dengan telapak tangan untuk kemudian ditebak teman yang lain, gambar sisi mana yang akan keluar saat telapak tangan diangkat. Jika berhasil menebak, hadiahnya bisa bermacam-macam namun yang paling sering adalah karet gelang. Dulu anak-anak memang suka bermain karet gelang, kadang digunakan sebagai permainan jari, kadang digunakan sebagai lompat tali.

    1. Menggosok komik tersembunyi
    Photo credit: superyoss blogdetik

    Ada buku gambar unik di tahun ‘90an. Buku ini menyimpan gambar bercerita alias komik. Siapa pun yang ingin membacanya, perlu menggosok kertasnya menggunakan koin. Keren juga, ya?

    1. Bahan trik sulap
    Photo credit: Instagram masakecilku

    Sejak dulu, trik sulap memang selalu berhasil bikin anak-anak tertarik. Uang koin jadi salah satu bahan trik sulap juga, loh. Letakkan masing-masing satu uang koin di telapak tangan kiri dan telapak tangan kanan, kemudian satukan dan gosok-gosok dengan cara memutar. Saat dibuka muncullah efek warna hitam di telapak tangan, seputar uang logam. Sebenarnya ini efek dari debu-debu yang menempel di uang koin berpindah ke telapak tangan, tetapi bagi anak kecil trik sulap ini tetap bikin kagum.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here