Kenali Tanda Aneh Pada Tubuh Saat Mengalami Stres

    Foto: Net/Ilustrasi

    Stres sering dialami oleh setiap orang. Penyebab timbulnya stres pun beragam, mulai dari gejala emosional seperti merasa moody atau sensitif hingga timbul penyakit fisik. Hormon stres yang dikeluarkan dapat membuat tubuh mengalami hal aneh diluar kebiasaan seseorang. Sehingga, kenali tanda dari stress tersebut.

    Dilansir dari laman Huffington Post, berikut adalah 10 tanda tak biasa atau aneh yang ditunjukkan tubuh saat mengalami stres.

    1. Tegang

    Saat stres, beberapa bagian tubuh seperti leher, bahu, atau bagian tubuh lainnya terasa tegang dan kaku. Bagi pria biasanya mengalami nyeri punggung bagian bawah, sedangkan wanita nyeri punggung bagian atas ketika stres melanda.

    1. Sakit kepala

    Sakit kepala adalah efek paling umum yang dirasakan saat tubuh mengalami stres. Seolah ada yang menusuk-nusuk kepala ketika mengalami keadaaan yang menekan.

    1. Haus

    Saat merasa cemas, kelenjar adrenal yang terletak di dekat ginjal melepaskan hormon stres ke dalam tubuh. Selain itu ia menyebabkan fluktuasi pada hormon lain mempengaruhi tingkat elektrolit dan cairan, sehingga merasa haus terus-menerus.

    1. Berkeringat
    Loading...

    Keringat berlebih adalah salah satu tanda tubuh merasa stres. Misalnya telapak tangan menjadi lembab berkeringat karena kita merasa gelisah. Juga bagian-bagian tubuh lain lebih mudah berkeringat dari biasanya.

    1. Rambut rontok

    Rambut yang mengalami rontok berlebihan juga tanda stres. Kondisi ini disebut telogen effluvium, saat rambut rontok padahal rambut hanya dicuci biasa.

    1. Sering ke toilet

    Karena mengalami masalah di perut, seperti kram atau ingin buang air besar. Faktanya stres dapat menimbulkan masalah pencernaan.

    1. Rentan flu

    Tubuh menjadi rentan terhadap penyakit ringan seperti flu sat dilanda stres. Kadang-kadang bisa disertai dengan migrain ketika level stres meningkat.

    1. Gigi bergeretak saat tidur

    Tanpa disadari, ketika tidur di malam hari gigi sering gemeretak. Hal itu merupakan efek dari stres. Akibatnya muncul masalah pada gigi dan rahang.

    1. Perubahan berat badan secara drastis

    Karena stres, seseorang bisa mengalami peningkatan berat badan yang drastis. Karena ia cenderung makan untuk mengatasi stres. Namun ada juga yang malah menjadi kurus kering, karena tidak selera makan sama sekali.

    1. Jerawat

    Stres dapat mengurangi kemampuan otak untuk mengingat lokasi, benda, dan lainnya. Selain itu, stres juga menimbulkan jerawat yang merusak penampilan kita.

    Dari 10 tanda diatas, apakah kalian sering mengalaminya? (ani)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here