Polda Metro Jaya Tangkap WNA Cina Sebagai Tersangka Cyber Crime

 

Foto : Net

Centralnews – Nasional, Sebanyak 92 warga negara asing asal Cina yang ditangkap di Surabaya karena dugaan cyber crime ditahan di Kepolisian Daerah Metro Jaya. Ditangkap WNA ini setelah Direktorat Tindak Kriminal Khusus Markas Besar Kepolisian RI dan Polda Metro Jaya mendapat laporan dari kepolisian Cina. Mereka melapor bahwa warga Cina yang berada di Indonesia telah banyak ditipu oleh sindikat cyber crime. Para tersangka biasanya memeras korbannya dan meminta sejumlah uang.

“Jumlah pelaku yang kami amankan dari Surabaya sekitar 92 orang, terdiri atas 66 laki-laki dan 26 wanita,” kata Kepala Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan pada Minggu, 30 Juli 2017.

Dalam kasus ini, polisi telah memiliki barang bukti berupa laptop, iPad, ponsel, dan sejumlah barang berharga lain. Polisi juga belum memastikan berapa jumlah korban yang diperdayai oleh para tersangka. Dengan total kerugian dari dugaan saat ini diperkirakan mencapai triliunan rupiah.

Saat ini polisi berusaha untuk menuntaskan identifikasi para tersangka. Dan dalam waktu dekat, kepolisian Indonesia akan berkoordinasi dengan pihak imigrasi dan kepolisian Cina.

Loading...

“Tadi kami sudah meminta sidik jari 92 tersangka, sisanya dari Bali dan Jakarta akan kami kumpulkan ke sini semua,” kata Argo.

Dalam melakukan kejahatannya, modus mereka adalah mengaku polisi atau kejaksaan Cina. Mereka kemudian menyasar korban yang juga warga negara Cina. Para korban diperas dengan menyebutkan bahwa mereka terlibat kasus tertentu.

Para pelaku cyber crime ini pun mengancam akan membekukan rekening korban jika tak mengirimkan sejumlah uang.

“Kejahatan ini terungkap karena ada korban yang menyadari tertipu dan melapor ke kepolisian Cina,” kata Argo. (atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here