Konsumsi Yoghurt Secara Rutin Dapat Menurunkan Kolesterol

Foto: Net

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Mengkonsumsi yogurt sangat baik untuk saluran pencernaan. Sehingga yogurt ternyata menyimpan banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol.

Dilansir dari laman klikdokter.com, bahwa seseorang yang mengonsumsi yogurt memiliki profil metabolik yang lebih baik. Namun, tidak semua jenis yogurt memiliki efek yang sama pada kadar kolesterolnya. Jika mengonsumsi 10,6 ons yogurt yang mengandung lactobacillus acidophilus La5 dan bifidobacterium lactis Bb12 setiap hari bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi yogurt cenderung memiliki tingkat trigliserida dan glukosa atau kadar gula dalam darah yang lebih rendah. Tak hanya itu, yogurt juga mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Sementara itu, menurut penelitian University of McGill di Montreal pada 127 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, menunjukkan konsumsi dua dosis probiotik sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan probiotik pada yogurt dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Untuk itu, tak perlu diragukan lagi. Bahwa yogurt mampu menurunkan kolesterol. Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan yang memiliki serat tinggi. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here