Tes CPNS Mulai dibuka Hari Ini, Ini Tahapan Seleksinya

Foto : net/pendaftaran CPNS 2017

Centralnews – NASIONAL, Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM sudah dimulai hari ini oleh Pemerintah, sebanyak 1.684 CPNS MA dan 17.526 CPNS Kemenhumham dibuka secara online di situs https://sscn.bkn.go.id.

Para pendaftar hanya boleh mendaftar 1 instansi dan 1 jenis formasi yang dibuka.

Seperti informasi yang dilansir dari kumparan, di situs resmi milik Kementerian PANRB, pendaftar akan diminta menggunggah berkas yang sesuai dengan jabatan yang dilamar. Berkas pendaftaran ini akan diseleksi oleh panitia. Jadi, harus cermati syarat-syarat yang harus dipenuhi seseuai dengan posisi lowongan CPNS.

Info Pendaftaran CPNS (Foto: Dok. Kementerian PAN-RB)

Setelah lolos, para pendaftar lantas dihadapkan dengan seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Ada tiga kelompok soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Agar lolos ke tahapan berikutnya, peserta seleksi harus lolos atau ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB,” jelas Kabag Komunikasi Publik Kementerian PANRB, Suwardi, melalui keterangan tertulisnya yang diterima kumparan (kumparan.com), Selasa (1/8).

Loading...

Lalu bagi yang lolos jangan bersenang hati dulu, masih ada tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun, Suwardi menambahkan tidak seluruh peserta yang lolos passing grade SKD bisa mengikuti SKB. Sebab, pada tahapan SKD terdapat peringkat nilai dan peringkat ini yang akan menentukan dapat ikut tahap selanjutnya atau tidak.

Sementara, kata dia, materi SKB ini akan disesuaikan dengan formasi jabatan yang dilamar.

“SKB dilakukan menggunakan CAT dan dapat ditambah dengan tes lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan,” kata dia.

Info Pendaftaran CPNS. (Foto: Dok. Kementerian PAN-RB)

Bagi instansi yang belum siap melaksanakan seleksi menggunakan CAT, akan ada minimal 2 bentuk tes yang dihadapi peserta. Diantaranya tes praktik kerja; tes fisik/kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa; dan wawancara.

“Pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), yang hasilnya disampaikan ke PANSELNAS dalam bentuk softcopy dan hardcopy,” kata Suwardi. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here