Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal

Foto: Net/Ilustrasi Ginjal

Ginjal adalah dua organ yang terletak di rongga perut Anda di kedua sisi tulang belakang di tengah punggung Anda, tepat di atas pinggang. Ginjal memiliki beberapa peran dalam mempertahankan hidup: Mereka membersihkan darah Anda dengan menghapus limbah dan kelebihan cairan, menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah Anda, dan membantu mengatur tekanan darah.

Ketika ginjal menjadi rusak, produk-produk limbah dan cairan dapat menumpuk dalam tubuh, menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki Anda, muntah, kelemahan, kurang tidur, dan sesak napas.

Seperti dilansir dari laman okezone.com, Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang mungkin Anda lakukan menyebabkan kerusakan ginjal. Berikut kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal:

  1. Konsumsi sodium

Konsumsi natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah melonjak dan menyebabkan kerusakan ginjal. Diet kaya sodium juga bisa menyebabkan terbentukan batu ginjal dan masalah kenciung serta mual. Inilah salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal. (Baca Juga: 10 Fakta Bahaya Minuman Soda)

  1. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Konsumsi obat penghilang rasa sakit non-steroid yang berkepanjang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Bahkan, bisa menyebabkan kegagalan total atau mematikan organ. (Baca Juga: Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Kemandulan?)

  1. Sering makan daging
Loading...

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi daging secara teratur, Anda sebenarnya bisa merusak ginjal. Daging kaya protein dan bisa menyebabkan pembentukan asam berlebih di dalam sistem. Hal ini dapat menyebabkan asidosis, di aman ginjal tidak akan bisa mengolah asam pada tingkat normal. Ini adalah kebiasaan buruk merusak ginjal yang paling sering sering terjadi.

  1. Minum soda

Studi telah menemukan, ada korelasi langsung antara konsumsi soda dan masalah ginjal. Orang yang minum lebih dari 2 minuman soda sehari 30% lebih rentan terkena penyakit ginjal. (Baca Juga: Awas! Kecanduan Diet Soda Tingkatkan Risiko Stroke dan Penyakit Jantung)

  1. Tidak minum cukup air

Tidak cukup minum air putih setiap hari bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Minum air yang cukup, biasanya 8 gelas sehari, membantu ginjal melakukan fungsinya dengan lebih baik, serta mendetoksifikasi racun. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here